Sujud di Gerbang Markas Pasukan Elite Penyerbu Langit, Sang Elang Kostrad Akhirnya Tinggalkan TNI

VIVA Militer: Sang Elang Kostrad Pelda Wikarta sujud di gerbang Markas Yonif 501
Sumber :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

VIVA – Senin 6 November 2023 menjadi salah satu hari paling bersejarah dalam perjalanan sejarah Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Bagaimana tidak, Kostrad harus merelakan prajurit sejatinya untuk pergi berpisah selamanya dari TNI Angkatan Darat.

Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

Prajurit Kostrad sejati itu adalah Pembantu Letnan Dua (Pelda) Wikarta. Kemarin merupakan hari terakhir bagi pria yang dari muda dijuluki Sang Elang itu untuk mengabdikan diri bersama Kostrad di Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha.

VIVA Militer: Sang Elang Kostrad Pelda Wikarta bersama Letkol Inf Arief

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha
Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Pakde Wi harus berpisah selamanya karena telah memasuki masa purna bhakti. 33 tahun Pelda Wikarta mengabdikan diri sebagai prajurit TNI di pasukan elite penyerbu langit Kota Dili, Yonif PR 501/BY.

Di hari terakhir masa dinasnya, Pakde Wi datang bersama istrinya tercinta ke Markas Pasukan Langit 501 Kostrad di Kota Madiun, Jawa Timur. Di markas ia langsung disambut dengan upacara tradisi satuan pelepasan warga 501 yang dipimpin Komandan Yonif PR 501/BY, Letnan Kolonel Inf Arief Widyanto.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

VIVA Militer: Letkol Arief pimpin pelepasan Sang Elang Kostrad Pelda Wikarta

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

"Terima kasih serta rasa Hormat dan dedikasi yang setinggi tingginya kepada Pelda Wikarta yang mampu melaksanakan tugas dengan baik serta tulus dan ikhlas hingga sampai Masa Persiapan Pensiun (MPP) di Batalyon Infanteri 501/BY yang kita banggakan ini karena ini karena merupakan momen yang sangat jarang terjadi di satuan tempur Para Raider," ujar Letkol Inf Arief Widyanto dalam siaran resmi dilansir VIVA Militer, Selasa 7 November 2023.

Di lapangan Markas Pasukan Langit 501, Letkol Inf Arief langsung menghampiri dan menyalami Pakde Wi. Keduanya saling bergenggaman tangan erat, saling menatap dalam seakan tak rela untuk berpisah.

VIVA Militer: Sang Elang Kostrad Pelda Wikarta bersama Letkol Inf Arief

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

"Dalam hal berdinas tentunya beliau tidak diragukan lagi bahkan patut mendapatkan julukan 'Bapak Kostrad Sejati'," kata Letkol Inf Arief Widyanto.

Setelah bersalaman dengan para prajurit TNI yang hadir dalam upacara itu, Pelda Wikarta menggandeng mesra lengan istrinya, lalu diiringi Drumband Bajrayudha 501, beliau melangkahkan kaki menuju ke gerbang utama Markas Pasukan Langit 501.

Setiba di gerbang utama, di hadapan sang komandan, tiba-tiba saja Sang Elang Kostrad bersimpuh di tanah, lalu dengan tubuh menghadap ke markas, Pakde Wi sujud mencium bumi sebagai wujud rasa syukurnya kepada Allah SWT atas semua rahmat dan hidayah hingga ia bisa menuntaskan pengabdiannya di Kostrad dan Yonif 501 khususnya sejak dari awal memasuki dunia militer hingga akhirnya terbang ke dunia yang baru.

VIVA Militer: Sang Elang Kostrad Pelda Wikarta gandeng istri keluar markas

Photo :
  • Yonif PR 501 Bajra Yudha

Selamat pensiun Pakde Wi dan ibu. Semoga selalu diberikan kebaikan dan keberhasilan dalam menjalani kehidupan yang baru oleh Allah SWT. Terima kasih atas perjuangan dan semangat yang tinggi kepada Rakyat, Bangsa dan Negara.

Sukses selalu Pakde... Salam hormat dari Kami redaksi VIVA Militer.... Terbanglah tinggi Sang Elang, jasa dan pengorbanan Mu akan selalu Kami kenang..

Baca: Mas Topan Diganti, Letkol Akbar Jadi Komandan Kapal Selam Canggih TNI Seharga 1,5 Triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya