Baru 6 Bulan Jabat Pangkoarmada III, Laksda Rachmad Jayadi Diangkat Jadi Asops Panglima TNI

VIVA Militer: Yudo Lantik Laksda Rachmad Jayadi jadi Asops Panglima TNI
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono baru saja melantik Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmad Jayadi menjadi Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI menggantikan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI M. Nur Rahmad. 

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Mayjen TNI M. Nur Rahmad saat ini ditarik sebagai Pati Mabesad karena akan memasuki masa purna tugas sebagai prajurit aktif TNI AD atau memasuki masa pensiun.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Selasa, 21 November 2023, Pelantikan Laksda TNI Rachmad Jayadi sebagai Asops Panglima TNI itu dilakukan melalui Upacara Militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Yudo Margono di Ruang Hening, Mabes TNI, Cilangkap, Senin, 20 November 2023 kemarin.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Untuk diketahui, Laksda TNI Rachmad Jayadi adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1991 yang memiliki karier militer sangat cemerlang.

Mutasi atau promosi jabatan Laksda TNI Rachmad sebagai Asops Panglima TNI ini merupakan salah satu bukti bahwa mantan Wakil Komandan Kodiklatal itu memiliki jenjang karier militer yang cukup moncer. Karena Laksda TNI Rachmad Jayadi baru dilantik sebagai Panglima Koarmada III pada tanggal 19 Mei 2023, atau sekitar enam bulan lalu. 

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Dan kini, jenderal bintang dua TNI AL itu mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi barunya sebagai Asops Panglima TNI.

Pada saat bersamaan, Panglima TNI Yudo Margono juga memimpin penyerahan jabatan Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI dari Mayjen TNI Sonny Aprianto kepada Mayjen TNI Djaka Budi Utama yang sebelumnya menjabat Pa Sahli Tingkat III Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI. 

Sementara, Mayjen TNI Sonny Aprianto kini akan menempati posisi barunya sebagai Koorsahli Kasad.

Untuk diketahui pula, pelaksanaan Sertijab ini dilakukan berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diterbitkan pada tanggal 9 November 2023 lalu. 

Serah terima jabatan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Panglima TNI, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas yang disaksikan oleh Danpuspom TNI dan Kababinkum TNI.

Usai acara serah terima jabatan, Panglima TNI menyerahkan cinderamata dan ucapan terimakasih kepada pejabat lama, dilanjutkan ucapan selamat kepada pejabat baru serta diakhiri dengan ramah tamah bersama para pejabat di lingkungan Mabes TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya