Momen Jenderal Agus Subiyanto Pamitan ke Prajurit TNI AD Sebelum Dilantik Jokowi Jadi Panglima TNI

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto saat berpamitan di Mabesad
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto hari ini akan dilantik Presiden RI Joko Widodo menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono di Istana Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Sebelum meninggalkan Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jenderal TNI Agus Subiyanto sempat menggelar Apel Khusus Bersama Keluarga Besar Mabesad. Apel Keluarga Besar Mabesad yang dilakukan pada hari Selasa, 21 November 2023 kemarin diikuti oleh seluruh personel militer dan PNS di lingkungan Mabesad.

Apel Khusus itu merupakan moment terakhir atau perpisahan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto sebelum meninggalkan Mabesad dan melanjutkan tugas pengabdian selanjutnya sebagai Panglima TNI.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Dalam kesempatan itu, Jenderal TNI Agus Subiyanto berpesan kepada seluruh prajurit TNI AD akan pentingnya melanjutkan pendidikan guna menunjang kemampuan dan mendukung profesionalisme prajurit di masa mendatang. 

Kepada para perwira tinggi (Pati) TNI AD, maupun komandan satuan di lingkungan TNI AD, Kasad berpesan agar selalu jalankan sistem reward and punishmen bagi para prajurit dan PNS di lingkungan TNI AD. Menurut Kasad, hal itu penting dilakukan untuk memotivasi prajurit dalam menjalankan tugas keseharian bagi para prajurit dan PNS di wilayah tugas masing-masing.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Pertemuan terakhir Jenderal TNI Agus Subiyanto dengan keluarga besar Mabesad itu pun tidak disia-siakan oleh Pati TNI AD yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah, Kopassus itu. Dia pun langsung memberikan reward atau penghargaan kepada prajurit TNI AD yang berprestasi berupa kesempatan sekolah dua periode mendahului dari rekan-rekannya.

“Saya meyakini Tamtama yang baik akan menjadi Bintara yang baik. Bintara yang baik akan jadi Perwira yang baik. Begitu juga yang Perwira. Untuk itu, bagi prajurit yang berprestasi, sekolah mendahului rekan-rekannya,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Rabu, 22 November 2023.

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto saat berpamitan di Mabesad

Photo :
  • Dispenad

Selain itu, Kasad juga berpesan agar setiap prajurit TNI AD senantiasa berorientasi pada tugas pokok (Task Oriented), demi keberhasilan pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Dia juga mengharapkan para prajurit TNI AD selalu menerapkan dan mengimplementasikan Visi “TNI AD yang PRIMA” (Profesional, Responsif,  Integratif, Modern dan Adaptif).

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu, Kasad juga mengucapkan terima kasih atas loyalitas dan totalitas para personel Mabesad dalam melaksanakan tugas kedinasannya sehari-hari.

"Momen ini sebagai tanda penghujung tugas saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi, kontribusi, serta kinerja semuanya, sehingga seluruh tugas dapat berjalan dengan baik. Tak ada gading yang tak retak, maka saya sekeluarga juga memohon maaf apabila ada khilaf dan salah," ungkap Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Usai Apel, Kasad juga memberikan tali asih kepada seluruh peserta Apel, serta hadiah Umroh Gratis kepada 104 personel Militer dan PNS yang berprestasi dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas.

Terakhir, orang nomer satu di Matra Angkatan Darat itu menegaskan, agar tidak melihat reward yang diberikan ini sebagai penghargaan untuk individu, melainkan sebagai dorongan bagi personel yang lain untuk terus meningkatkan kualitas diri dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan TNI Angkatan Darat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya