Pekik "Merdeka" Yudo Margono di Depan Jenderal Agus Subiyanto Usai Sertijab Panglima TNI

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono dan Jenderal TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Laksamana TNI Yudo Margono hari ini secara resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto melalui upacara militer yang digelar di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 22 November 2023.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dalam kesempatan itu, Laksamana TNI Yudo Margono menyerahkan pataka atau panji Tri Dharma Eka Karma yang memiliki makna pengabdian tiga matra dalam satu jiwa, tekad dan semangat perjuangan TNI kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah Serah Terima Jabatan (Sertijab) oleh Laksamana TNI Yudo Margono dan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Usai pelaksanaan Sertijab, Laksamana TNI Yudo Margono tak kuasa menutupi rasa bangga sekaligus haru atas capaiannya di lingkungan militer hingga terakhir dipercaya Presiden RI Joko Widodo untuk menduduki posisi Panglima TNI sejak tahun 2022 lalu.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Ketika disinggung bagaimana perasaannya setelah mengabdi selama 35 tahun sebagai prajurit TNI, Yudo pun tidak berkomentar banyak. Dia dengan spontan mengepalkan tangan kanannya sambil meluapkan perasaan bangga sekaligus haru setelah menjalani karier militer selama 35 tahun.

"Merdeka," pekik Laksamana TNI Yudo Margono di depan Panglima TNI yang baru Jenderal TNI Agus Subiyanto dan awak media di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Dalam kesempatan itu, Yudo Margono menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia hingga dirinya dapat menjabat Panglima TNI sejak 19 Desember 2022 lalu.

"Dan pada seluruh masyarakat tentunya saya juga mengucapkan terima kasih," ujar Yudo Margono.

Tidak hanya itu, dalam moment tersebut, Perwira Tinggi (Pati) TNI lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988 itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI, baik TNI AL, TNI AD, maupun TNI AU yang selama ini telah mendukung dan menjalankan tugas negara dengan penuh ikhlas dan profesional selama dirinya menjabat Panglima TNI.

"Dan juga pada seluruh jajaran TNI di mana pun berada dan bertugas, saya mohon pamit dan tentunya saya juga menitipkan supaya TNI tetap profesional, modern, dan tangguh dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

"Mohon maaf apabila ada hal-hal yang kekurangan maupun tidak berkenan selama saya melaksanakan tugas sebagai panglima TNI. Sebagai manusia biasa dan atas nama keluarga juga saya sampaikan terima kasih dan permohonan maaf," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya