Resmi Jadi Panglima TNI ke-23, Yudo Serahkan Panji TNI Tiga Matra ke Jenderal Agus Subiyanto

VIVA Militer: Yudo Margono serahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal Agus
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Laksamana TNI Yudo Margono hari ini secara resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto

Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

Penyerahan jabatan Panglima TNI itu dilakukan melalui upacara militer yang digelar di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 22 November 2023.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, dalam kesempatan itu, Laksamana TNI Yudo Margono menyerahkan pataka atau panji Tri Dharma Eka Karma yang memiliki makna pengabdian tiga matra dalam satu jiwa, tekad dan semangat perjuangan TNI kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang dilanjutkan dengan penandatangan naskah Serah Terima Jabatan (Sertijab) oleh Laksamana TNI Yudo Margono dan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Untuk diketahui sebelumnya, pagi tadi Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Panglima TNI yang ke-23 menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas sebagai prajurit aktif TNI.

Pelantikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 22 November 2023.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Dalam proses pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto, sebelumnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu melaksanakan Fit & Proper Test di DPR pada tanggal 13 November 2023, kemudian pada tanggal 21 November 2023 Rapat Paripurna DPR RI resmi menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. 

VIVA Militer: Yudo Margono serahkan jabatan Panglima TNI ke Jenderal Agus

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Untuk diketahui pula, prosesi upacara militer Sertijab ini diikuti oleh ratusan prajurit TNI tiga Matra yang terdiri dari enam SSK (Satuan Setingkat Kompi), yaitu SSK I Pasukan Polisi Militer TNI, SSK II Koopsus TNI, SSK III Pasukan TNI AD, SSK IV Pasukan TNI AL, SSK V Pasukan TNI AU, SSK VI Pasukan PNS, dan group Musik dari Kartika Symphony Orchestra Ditajenad.

Sedangkan Komandan Upacara dalam Sertijab dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Lulusan AAL 1999), yang  saat ini menjabat Komandan Pangkalan TNI AL Palembang, sedangkan Perwira upacara adalah Kolonel Kavaleri Jeffri Pramono (Lulusan Akademi Militer, Tahun 2000) yang saat ini menjabat Asisten Operasi Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Tidak hanya itu, sederet Alutsista TNI pun turut dipamerkan sebagai background upacara serah terima jabatan Panglima TNI kali ini, diantaranya adalah Meriam Howitzer TNI AL, Panser V 150 TNI AD, Anoa PMPP, Mistral TNI AD, APC Turangga TNI AU, Oerlikon Skyshield.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya