IMI Siapkan 2 Kapal Pesiar untuk MotoGP Indonesia di Mandalika

Ilustrasi wisata kapal pesiar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Ikatan Motor Indonesia atau IMI siap mensukseskan gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. IMI telah menyiapkan dua kapal pesiar sebagai sarana transportasi untuk menyaksikan balap motor kasta pertama itu.

Dekatkan Diri dengan Fans, Kejurnas Oneprix 2024 Digelar di 4 Pulau Berbeda

IMI turut membantu dalam sisi transportasi dan akomodasi. Setelah sebelumnya melakukan penyedian marshal, tenaga medis dan banyak lainnya untuk MotoGP Indonesia ini.

Nantinya 2 kapal pesiar tersebut akan membantu membawa penonton MotoGP dari Bali ke Mandalika dan sebaliknya. Kapal pertama ada Ro-Ro Premium, KMP Dharma Kencana VIII, sebagai angkutan akomodasi seperti Cruise.

Pesan Ijeck saat Buka Ramadhan Wisata Rally IMI Sumut

Kapasitasnya adalah 600 penumpang, dan kapal ini juga pernah jadi floating accommodation selama PON 2021 di Papua. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

"Pengguna kapal pesiar Ro-Ro Premium, KMP Dharma Kencana VIII juga bisa mendapatkan paket IMI MotoGP Cruise, 4 hari 3 malam. Meliputi akomodasi, transportasi laut, transportasi darat, plus tiket nonton MotoGP," kata pria yang menjabat sebagai Ketua MPR ini juga.

Ijeck Dorong IMI Sumut Kembangkan Sport Tourism dan Pembinaan Atlet Balap

"Kapal akan berangkat pada 18 Maret 2022 dari pelabuhan Pelindo Benoa, Bali menuju pelabuhan Pelindo Gili Mas, Lombok. Kapal kemudian bersandar di Pelabuhan Pelindo Gili Mas pada 18-20 Maret 2022, penonton menginap di dalam kapal. Kembali ke Bali pada 21 Maret 2022," tambahnya.

Sementara kapal kedua menggunakan fast boat, yang bisa mengantarkan penonton MotoGP dari Bali ke Mandalika dengan rute pergi-pulang (PP) dari Pelabuhan Padang Bai, Bali ke Pelabuhan Gili Mas, Lombok. Waktu berlayar sekitar 80-90 menit dan kapasitasnya mencapai 150 penumpang.

IMI juga menyiapkan paket Mandalika 'N Beyond, 4 Hari 3 malam di Candidasa, Bali. Menurut Bamsoet, kedua paket tersebut bisa memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat Bali dan Lombok.

"Pada 18 Maret 2022 penonton MotoGP terlebih dahulu check in di Candidasa Bali. Tanggal 19-20 bisa menyaksikan Qualification Day dan Race Day MotoGP dengan menggunakan fast boat, PP dari Bali menuju Lombok. Tanggal 21 Maret 2022, penonton check out dari Candidasa Bali," ujar Bamsoet.

"Kedua paket tersebut semakin membuat penonton memiliki banyak pilihan akomodasi. Sekaligus sangat dibutuhkan untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP. Mengingat penonton MotoGP ditargetkan mencapai 100 ribu orang. Sementara jumlah kamar hotel dan penginapan sejenisnya di Lombok masih terbatas. Data Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, jumlah kamar hotel di NTB, baik hotel berbintang maupun hotel melati sekitar 19.000 kamar. Jadi masih butuh ratusan ribu kamar lagi," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya