Hebatnya RI Aspal Ulang Sirkuit Mandalika Lebih Cepat dari Target

Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

VIVA – Gelaran MotoGP Indonesia hanya tinggal menunggu waktu, jadwal yang sudah ditetapkan 'rombongan sirkus' akan kembali ke Sirkuit Mandalika pada pertengahan bulan Maret 2022 mendatang.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Namun setelah sesi tes pra musim yang digelar 11-13 Februari 2022 lalu, aspal Sirkuit Mandalika dikeluhkan oleh para pembalap MotoGP, sehingga mesti dilakukan pengaspalan ulang.

Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa proses pengaspalan ulang bisa selesai lebih cepat dari target. Pengaspalan ulang akan dilakukan sepanjang 1,3 kilometer, atau tepatnya sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

"Beberapa hari kemarin saya dan beberapa rekan melakukan side visit di Sirkuit Mandalika, saya melihat sendiri antara tikungan 17 hingga tikungan 5 yang jaraknya sekitar 1,3 km akan dilakukan pengaspalan ulang," bilang Sandiaga Uno, dikutip VIVA Otomotif, Selasa 22 Februari 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) saat di Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Photo :
  • ANTARA/HO-Kemenparekraf
Adu Banyak Penonton MotoGP 2023, Indonesia di Urutan Berapa?

Lebih lanjut Sandiaga Uno menjelaskan bahwa, beberapa peralatan berat sudah tiba di Mandalika, sedangkan bahan bakunya seperti pecahan batu untuk gravel yang didatangkan dari kawasan Palu, Sulawesi Tengah masih dalam perjalanan.

Sandiaga Uno yakin jika proses pengaspalan ulang ini bisa selesai paling lambat seminggu sebelum race day, bahkan bisa selesai lebih cepat dari waktu yang diberikan Dorna Sports.

Bahkan Sandiaga Uno memperkirakan pengaspalan ulang, bisa lebih awal 2 hari dari target tanggal 11 yang ditentukan oleh Dorna Sports.

"Oleh karena itu saya mohon para pihak dan juga kita berdoa agar cuacanya mendukung, semoga proses pengaspalan ulang ini bisa rampung, dan sirkuit ini bisa dikenang sebagai sirkuit perdana terindah oleh para pebalap," pungkas Sandiaga Uno.

"Saat kami menandatangani kerja sama dengan Dorna. Dorna sangat yakin dan berterimakasih terhadap komitmen penyelenggara MotoGP ini untuk melakukan pengaspalan ulang dan memastikan keselamatan dari pebalap, dan kesuksesan dari balapan itu sendiri menjadi prioritas utama," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya