Penyaluran Kredit Otomotif Perbankan Tembus Triliunan

Booth Daihatsu di GIIAS 2021
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Saat ini industri otomotif di Indonesia terus berkembang. Banyak masyarakat yang membeli kendaraan di tahun ini. Hal itu terbukti dari jumlah transaksi yang terus meningkat.

Auto2000 Siapkan SDM Hadapi Era Kendaraan Elektrifikasi

Sebagian dari pembeli menggunakan cara kredit untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan. Kini, jumlah kredit kendaraan bermotor (KKB) kian melaju, sehingga memberi optimis bagi perbankan.

Dikutip VIVA Otomotif dari Gaikindo, Senin 9 Mei 2022, banyak beberapa bank yang menunjukkan hasil pencapaianya yang hampir memenuhi target di tahun ini. Salah satunya bank BCA yang tembus mencapai Rp41,6 triliun.

Video Mobil Parkir Sembarangan Bikin Pemilik Kedai Makanan Susah Jualan

Mereka berhasil menorehkan kinerja positif pada kredit kendaraan bermotor (KKB) di kuartal I-2022. Diketahui, hal ini didukung oleh program pemerintah yakni Perpanjangan Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM.

Ilustrasi insentif PPnBM DTP untuk mobil.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa
Ini Pertimbangan Komisi B DPRD DKI Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa di tahun ini pihaknya berkontribusi signifikan dalam mendorong kinerja khususnya di dunia industri dalam menyediakan KKB. Adanya, peningkatan ini sebagai upaya perusahaan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“KKB mencetak rebound dengan naik 3,6 persen yoy menjadi Rp41,6 triliun, dan saldo outstanding kartu kredit tumbuh 4,9 persen year on year menjadi Rp12 triliun. Total portofolio kredit konsumer naik 7,6 persen yoy menjadi Rp154,8 triliun,” ungkap Jahja.

Sementara itu, pencapaian terbaik juga disusul oleh bank Mandiri yang telah menyentuh di angka Rp32,8 triliun pada bulan lalu. Nilai itu hampir melampaui target tahun ini sebesar Rp33 triliun. Diketahui, peningkatan target itu dibarengi dengan peningkatan penjualan kendaraan pada awal tahun 2022.

“Trennya akan positif, karena pemerintah sudah membolehkan mudik serta antusias pembelian mobil baru dan lama juga cukup bagus di Maret. Secara industri otomotif juga tumbuh baik pada Januari dan Februari,” ujar EVP Consumer Loans Bank Mandiri, Ignatius Susatyo Wijoy.

Sedikit informasi, dalam pencapaian yang baik ini beberapa perusahaan bank di Indonesia juga telah menyiapkan strategi yang matang. Salah satunya, ikut serta dalam pameran otomotif dan menggelar pameran hybrid yang dilakukan oleh perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya