Pawang Hujan Tak Setuju Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2 Kali

Pawang hujan, Rara Isti Wulandari
Sumber :
  • Twitter.com/MotoGP

VIVA – Finlandia yang rencananya akan menjadi tuan rumah MotoGP seri 12, resmi dibatalkan karena faktor geo politik ketegangan antara Ukraina dengan Rusia. Sirkuit KymiRing yang menjadi tempat digelarnya MotoGP, resmi dibatalkan oleh FIM, IRTA dan Dorna Sport.

Kerja Sama Pertamina Lubricants dengan VR46 di Luar MotoGP

Menurut pernyataan resmi pihak MotoGP, Sirkuit Kymi Ring batal jadi tuan rumah MotoGP karena dua alasan. Pertama, masalah homologasi Sirkuit KymiRing. Sementara alasan kedua, karena situasi geopolitik yang kurang mendukung sehingga membuat seri ini ditunda sampai tahun depan.

“Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut. Dengan terpaksa membatalkan Grand Prix Finlandia pada 2022,” tulis pihak MotoGP.

Francesco Bagnaia hingga Marc Marquez Siap Saling Jegal di Seri Pembuka MotoGP Qatar

“Keadaan saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko,” lanjut pernyataan tersebut.

Nah karena kabar tersebut, dikutip dari berbagai sumber, Ikatan Motor Indonesia (IMI) langsung menawarkan sirkuit Mandalika di Lombok sebagai pengganti ronde MotoGP Finlandia itu. IMI pun mengaku sudah menghubungi pihak Dorna Sports, untuk menyelenggarakan gelaran tersebut.

Francesco Bagnaia Tambah Kontrak di Ducati, Nilai Gajinya Bocor ke Publik

Uniknya ketika IMI semangat untuk menawarkan Sirkuit Mandalika jadi pengganti KymiRing, Rara Istiati Wulandari, pawang hujan yang viral di Mandalika justru tidak setuju Mandalika kembali menjadi tuan rumah MotoGP.

Hal tersebut disampaikan Rara, melalui unggahan di akun resmi Instagram pribadinya. "Aku tidak setuju pengajuan Mandalika sebagai pengganti MotoGP Finlandia," tulisnya, Minggu, 5 Juni 2022.

Rara punya pandangan, untuk ajang balap internasional harus dibutuhkan kesiapan yang matang.

"Mengingat dapur umum internal buat penyelenggaraan event besar kelas international bergengsi itu butuh persiapan perencanaan juga akomodasi anggaran dan dana sponsorship yg besar, tidak boleh asal comot," lanjutnya.

Meski begitu ia berharap, MotoGP Mandalika bisa terselenggara lagi untuk musim 2023. "Smoga motogp tahun ini sekali saja. Tahun depan 2023 bisa diadakan kembali," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya