Ini Dampak Sering Mengganti Merek Oli Kendaraan

Ilustrasi ganti oli mesin mobil
Sumber :
  • Dok: PTPL

VIVA Otomotif – Oli merupakan cairan kental, yang berfungsi untuk merawat seluruh komponen dalam mesin dan menambah usia pakai. Biasanya penggunaan bahan ini digunakan untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Daftar yang Jadi Sahabat Pengadilan di Sidang Korupsi Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan

Di pasaran sendiri ada berbagai pilihan oli kendaraan dengan keunggulan masing-masing. Banyaknya pilihan yang membuat pemilik jadi suka untuk bergonta-ganti merek pelumas mesin. Biasanya salah satu alasan sering mengganti merek oli, lantaran harga yang ditawarkan lebih murah.

Namun, apabila sering melakukan hal tersebut nantinya akan memberikan dampak buruk pada kendaraan. Lantas, apa saja? Pertama adalah mesin menjadi cepat panas. Alasannya, lantaran reaksi kimia dari oli baru yang dipakai bercampur dengan bahan dari oli lama. Hasilnya oli jadi kurang baik dalam melumasi gear dan perangkat.

Hati-hati, Begini Modus Baru Penipuan Salah Transfer Pinjol Ilegal hingga Tawaran Pekerjaan

Peluncuran produk baru dari Pertamina Lubricants

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Dampak mengganti merek oli selanjutnya adalah munculnya kerak atau endapan. Jika oli lama bercampur dengan oli baru dari berbeda merek bisa membentuk sludge (lumpur) pada ruang mesin. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya membersihkan oli lama terlebih dahulu.

ASDP Angkut 26 Ribu Orang dan 125 Ribu Kendaraan pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Diketahui, salah satu perusahaan yang menyediakan bahan ini adalah PT Pertamina Lubricants yang sudah memproduksi beragam pelumas untuk kebutuhan konsumennya. Mereka baru saja meluncurkan produk bernama Pertamina Spreeze sebagai pelumas anti karat serbaguna.

Sebagai pelumas baru, produk ini memiliki enam fungsi yang dapat disarankan bagi pengguna. Adapun fungsi-fungsinya seperti membersihkan, penetrasi, melumasi, menghilangkan kelembapan, melindungi, dan meningkatkan ketahanan.

Direktur Sales and Marketing PTPL, Sari Rachmi mengatakan pihaknya terus menghadirkan solusi pelumasan yang lengkap baik untuk segmen industri maupun ritel. Mereka yakin adanya kehadiran produk baru ini dapat menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan.

"Kehadiran produk berkualitas ini, kami percaya konsumen akan merasakan manfaatnya di kehidupan dan pekerja sehari-hari," ujar Sari di Jakarta Selatan, dikutip VIVA Rabu 7 Desember 2022.

Sekedar informasi, Pertamina Spreeze ini hadir dengan kemasan botol 250 ml dan 400 ml yang dibanderol seharga Rp48 ribu (250 ml) dan Rp66 ribu (400ml). Calon konsumen bisa menemukan produk ini di Pertamina, Olimart, Enduro, Express, dan SPBU Pertamina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya