Beri Kemudahan, Kini STNK Bisa Dikirim ke Rumah

Ilustrasi STNK mobil.
Ilustrasi STNK mobil.
Sumber :
  • Seva.id

VIVA Otomotif – STNK atau yang kerap disebut Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai kelengkapan dokumen kepemilikan. 

Dokumen ini menjadi bukti bahwa kendaraan yang dimiliki sudah resmi terdaftar. Oleh karenanya, polisi kerap memantau dan mencurigai kendaraan yang tidak memiliki STNK, karena berpotensi barang curian.

Apabila dokumen tersebut hilang, maka pemilik kendaraan perlu melakukan pelaporan ke kantor polisi terdekat untuk mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang menjadi salah satu syarat mengurus STNK hilang.

Posko layanan STNK bencana banjir di wilayah Polda Metro Jaya

Posko layanan STNK bencana banjir di wilayah Polda Metro Jaya

Photo :
  • Korlantas Polri

Namun, saat ini tidak perlu khawatir bagi pemilik yang ingin membuat dokumen tersebut. Hal itu dikarenakan sudah ada program baru yang di beri nama STNK Si Tahu” (Siap Antar Dan Hubungi).

Kasatlantas Polres Kediri Kota, AKP Prastya Yana mengatakan inovasi dari program ini diciptakan untuk mempermudah pelayanan. Nantinya sistem akan door to door, mendatangi bagi pemilik yang ingin membuat STNK.

"Program ini mempermudah pelayanan pemberian STNK secara langsung kepada masyarakat yang mengandung maksud memberikan kemudahan serta menyerap aspirasi dari mereka," ujar Prastya, dikutip VIVA dari Korlantas Polri, Rabu 21 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title