Daftar Pelanggaran Terbanyak Motor dan Mobil saat Operasi Patuh 2023

Penindakan terhadap pengendara sepeda motor yang melintasi Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta – Operasi Patuh 2023 yang digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia sejak 10 Juli lalu, berhasil mencapai hasil yang memuaskan dalam upayanya untuk menjaga ketertiban berlalu lintas di seluruh negeri.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Dengan mengusung tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa," operasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan, dan korban fatalitas di jalan raya.

Selama 11 hari pelaksanaan, jumlah pengendara yang terjaring melanggar aturan lalu lintas mencapai 30.159 orang. Polri memberlakukan tindakan tilang terhadap mereka yang melanggar, sebagai upaya penegakan hukum yang tegas.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Ilustrasi Pelaksanaan Operasi Patuh Jaya.

Photo :
  • VIVAnews / Zahrul Darmawan

Selain itu, dilakukan pula sebanyak 244.378 teguran kepada pengendara yang melakukan pelanggaran, sebagai langkah preventif untuk mengurangi tingkat pelanggaran di masa mendatang.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Data yang dikeluarkan oleh Polri, dikutip VIVA Otomotif dari laman NTMC Polri, Sabtu 22 Juli 2023 menunjukkan bahwa sepeda motor menjadi kategori kendaraan dengan jumlah pelanggaran terbanyak.

Mayoritas pelanggaran roda dua adalah penggunaan helm SNI yang tidak dipatuhi oleh 220.031 pengendara, disusul oleh 60.918 orang yang melawan arus, dan 29.282 pengendara di bawah umur yang melanggar aturan.

Sementara itu, pada kendaraan roda empat, pelanggaran yang paling umum adalah tidak menggunakan sabuk pengaman oleh 41.875 orang, diikuti oleh muatan kendaraan yang melebihi batas maksimal oleh 6.990 orang, dan 8.184 pengendara yang melawan arah lalu lintas.

Selama pelaksanaan Operasi Patuh 2023, Polri juga menangani 330 kecelakaan lalu lintas. Angka tersebut mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang mencatat 156 kejadian.

Polri tetap fokus pada upaya pencegahan kecelakaan dengan melakukan sosialisasi dan penegakan hukum yang ketat terhadap pelanggaran berlalu lintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya