Ban Mobil Ramah Lingkungan Siap Meluncur Akhir Bulan Ini

Ecopia EP300 Enliten
Sumber :
  • Arianti Widya

Karawang – Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil dan sangat memengaruhi kualitas berkendara. Supaya keamanan dan kenyamanan semakin terjamin, tentunya dibutuhkan produk ban yang memiliki banyak keunggulan.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Menjawab persoalan ini, PT Bridgestone Tire Indonesia secara resmi memperkenalkan line up terbarunya, yaitu Ecopia EP300 Enliten. Ban mobil ini diklaim memiliki banyak keunggulan terutama untuk mengatasi isu lingkungan. 

Mukiat Sutikno selaku President Director Bridgestone Indonesia menyampaikan ban Ecopia EP300 hadir untuk menjawab permasalahan isu lingkungan yang semakin menggeliat di dunia saat ini. 

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Ecopia EP300 Enliten

Photo :
  • Arianti Widya

"Belakangan ini, isu terkait lingkungan semakin menguat. Maka dari itu, Ban Ecopia EP300 Enliten hadir sebagai komitmen kuat kami dalam mempedulikan aspek lingkungan," ujarnya saat ditemui di Pabrik Bridgestone, Karawang, dikutip VIVA Otomotif

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Sebagai ban ramah lingkungan, Mukiat mengatakan Ecopia EP300 Enliten sudah disematkan teknologi rolling resistance coefficient (RRC) atau hambatan gulir yang lebih rendah 4 persen dibandingkan produk sebelumnya. 

"Hal ini akan berdampak cukup signifikan terhadap rendahnya produksi CO2, karena adanya penekanan konsumsi bahan bakar," tutur Mukiat. 

Ecopia EP300 Enliten

Photo :
  • Arianti Widya

Kemudian, Ecopia EP300 juga telah disematkan Nanopro-tech compound sebagai bahan terbaru untuk melapisi karet ban. Silika berpendispersi tinggi tersebut bisa mengurangi tahanan gelinding yang berkontribusi pada lebih sedikit energi yang hilang.

Lalu, tapak ban bermodel mahkota alias crown, tekanan kontak antara ban dan permukaan jalan lebih merata. Karena adanya desain tersebut, Ban Ecopia EP300 memiliki ketahanan gelinding dan daya cengkeram yang lebih baik. 

"Kami juga sudah menguji hambatan gulir ban melalui pengujian free roll di proving ground Bridgestone, Karawang. Dan hasilnya, ban Ecopia EP300 bisa bergulir 17 persen lebih jauh dibandingan ban kompetitor," jelas Mukiat. 

Teknologi yang disematkan pada Ecopia EP300 Enliten terbukti mampu meningkatkan daya cenkeraman ban untuk memiliki jarak pengereman yang lebih pendek, bahkan di permukaan jalan yang lembab hingga basah. 

Sebagai informasi, Ban Ecopia EP300 Enliten akan siap dipasarkan mulai beberapa pekan ke depan, tepatnya pada akhir November 2023. 

Sejauh ini, pihak Bridgestone belum mengungkapkan harga untuk ban mobil terbaru ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya