Simak Aturan Ganjil Genap Jakarta dan Puncak di Hari Libur Natal

Kepadatan kendaraan menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

Jakarta, 25 Desember 2023 – Para pengguna mobil dan kendaraan beroda empat atau lebih yang hari ini hendak melintas di area DKI Jakarta bisa bepergian dengan leluasa.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Hal itu dikarenakan aturan ganjil genap di Jakarta tidak berlaku pada hari ini, karena merupakan hari libur nasional yaitu Hari Raya Natal.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Instagram @tmcpoldametro, hal yang sama juga akan diberlakukan pada Selasa esok hari karena pemerintah menetapkan sebagai cuti bersama.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

”Sehubungan dengan Hari Natal 2023 yang jatuh pada Senin, 25 Desember 2023 nanti, Kebijakan Ganjil Genap di DKI Jakarta akan DITIADAKAN pada 25 dan 26 Desember 2023,” tulis pengelola akun.

Ganjil Genap

Photo :
  • VIVA/M AlI Wafa
Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Sebagai informasi, aturan ganjil genap di Jakarta berlaku setiap hari Senin hingga Jumat, kecuali hari libur nasional dan hari Sabtu dan Minggu.

Aturan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Polda Metro Jaya mengatur penerapan aturan ganjil genap menjadi dua sesi, yakni pada Hari Senin-Jumat. Sesi pertama berlaku pada jam 06.00-10.00 WIB, sedangkan sesi kedua berlaku pada sore hari, pukul 16.00-21.00 WIB.

Ganjil genap dan one way arah Puncak

Untuk mengatasi kepadatan akibat libur panjang hingga Selasa besok, Polres Bogor menerapkan kebijakan gage di Jalur Puncak, Bogor. Kebijakan berlangsung selama 24 jam terhitung sejak Jumat 22 Desember, sampai Selasa 26 Desember 2023.

Kebijakan diprioritaskan khusus untuk kendaraan roda empat dan berlaku selama 24 jam. Rekayasa lalu lintas lainnya yang bakal diterapkan mulai dari contraflow di sekitar pintu keluar Tol Ciawi, yang diberlakukan secara situasional.

Polisi pun mempersiapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah atau one way, yang juga akan diterapkan secara situasional melihat volume kendaraan di jalur Puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya