Sepeda Motor Keren Buatan China Ini Mirip Harley-Davidson Sportster

SWM Stormbreaker
Sumber :
  • Rideapart

Chongqing, 24 Desember 2023 – SWM, merek sepeda motor Italia yang diakuisisi oleh perusahaan asal China dan kini berbasis di Chongqing, China, baru-baru ini meluncurkan sepeda motor baru yang disebut Stormbreaker. Sepeda motor ini menarik perhatian karena desainnya yang mirip dengan Harley-Davidson Sportster.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Stormbreaker memiliki mesin 940cc V-twin yang menghasilkan tenaga 67 daya kuda dan torsi 88 Newton meter Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan.

Dimensinya mirip dengan Sportster, dengan panjang 2.200 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1.040 mm. Beratnya dalam kondisi tangki kosong adalah 200 kg.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Rideapart, Stormbreaker memiliki suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monoshock. Rem depan menggunakan cakram tunggal 320 mm dengan kaliper empat piston, sedangkan rem belakang menggunakan cakram tunggal 240 mm dengan kaliper dua piston.

SWM Stormbreaker

Photo :
  • Rideapart
Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Sepeda motor ini tersedia dalam dua varian, yaitu Stormbreaker 940 dan Stormbreaker 940R. Varian Stormbreaker 940 memiliki harga €7.990 (sekitar Rp136 juta), sedangkan varian Stormbreaker 940R memiliki harga €8.990 (sekitar Rp153 juta).

Sebagai informasi, industri sepeda motor China telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Dari awalnya hanya memproduksi sepeda motor murah dan sederhana, China kini telah menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia.

Industri sepeda motor China dimulai pada tahun 1950-an, ketika pemerintah China mulai memproduksi sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat.

Pada awalnya, sepeda motor China diproduksi dengan teknologi sederhana dan kualitas yang rendah. Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi produksi sepeda motor China terus berkembang dan kualitasnya pun meningkat.

Pada tahun 1990-an, industri sepeda motor China mulai berkembang pesat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi China, peningkatan daya beli masyarakat, dan permintaan sepeda motor yang semakin meningkat. Pada tahun 2000-an, industri sepeda motor China menjadi salah satu industri sepeda motor terbesar di dunia.

Saat ini, China merupakan produsen sepeda motor terbesar kedua di dunia, setelah Jepang. Pada tahun 2022, China memproduksi sekitar 20 juta unit sepeda motor. Sepeda motor China juga telah diekspor ke berbagai negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Eropa, dan Asia Tenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya