Terios 7 Wonders 2024: Menguak Pesona Alam Kesultanan Jailolo

Terios 7 Wonders Ternate-Halmahera
Sumber :
  • Dok: ADM

Halmahera, 17 Januari 2024 – Hari ketiga petualangan Terios 7 Wonders di Ternate-Halmahera menjanjikan pengalaman yang kaya: perpaduan alam mempesona dan budaya unik. Termasuk di wilayah Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat yang dulunya menjadi lokasi kerajaan tertua di Maluku.

Daftar Mobil Baru yang Cicilannya di Bawah Upah Minimum

VIVA Otomotif bersama rekan media dan influencer menjelajah lebih dalam ke Desa Naga dengan tempat wisata Sungai Gaongo, hingga Desa Talaga yang terkenal dengan Tradisi Dodengo, destinasi yang siap memukau mata dan menggerakkan jiwa.

Beragam jalur mulai dari aspal, berbatu hingga tanah bisa dilewati Daihatsu Terios dengan mudah, berkat performa mesin 1.500cc bertenaga 104 daya kuda dan torsi 136 Newton meter. Ditambah lagi adanya fitur Vehicle Stability Control dan Anti-lock Braking System.

SEVA Hadir di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024

Terios 7 Wonders Ternate-Halmahera

Photo :
  • Dok: ADM

Desa Naga: Rumah Naga dan Misteri Kuno
Tersembunyi di antara lereng hijau Halmahera Barat, Desa Naga menyimpan warisan nenek moyang yang memukau.

Ribuan Mobil Daihatsu Memadati Area Bekasi

“Awal mula nama desa Naga diambil dari bahasa suku. Kami di sini mayoritasnya suku Tabaro, jadi desa Naga ini diambil dari bahasa suku Tabaro, Naga yang berarti ada,” ujar Kepala Desa Naga, Orvans Lexi Uang.

Arung jeram di Sungai Gaongo di Desa Naga, Halmahera

Photo :
  • Dok: ADM

Aliran jernih Sungai Gaongo yang dalam bahasa setempat memiliki arti tempat mandi, bagaikan pita perak meliuk-liuk di antara belantara hutan. Dengan panjang 800 meter, sungai ini magnet bagi pecinta alam. Menelusuri arus deras menggunakan kayak atau sekadar berendam dalam kesejukan airnya, adalah pengalaman tak terlupakan.

2. Desa Talaga: Bak Negeri Dongeng 

Desa Talaga bagaikan negeri dongeng, lokasinya ada di antara Gunung Ibu dan Laut Maluku dengan hamparan pohon di sekelilingnya.

Budaya Halmahera Utara terpancar dalam Tradisi Dodengo, tarian syukur dan doa atas keselamatan serta kesejahteraan warga. Biasanya digelar pada Februari atau Maret, tarian ini diiringi musik dan syair, menyatukan komunitas dalam harmoni gerakan dan suara.

Tradisi Dodengo di Desa Talaga, Halmahera Barat

Photo :
  • Dok: ADM

Untuk mencapai Desa Naga dan Sungai Gaongo, petualang can menaiki kapal feri dari Pelabuhan Kao. Desa Talaga dapat diakses dengan mobil atau motor, dan tradisi Dodengo biasanya digelar di lapangan terbuka di berbagai desa Halmahera Barat dan Utara.

Ternate-Halmahera di hari ketiga Terios 7 Wonders bukan sekadar destinasi wisata, melainkan jembatan menuju pengalaman tak terlupakan. Dari air sungai yang memancarkan cahaya hingga tarian penuh harapan, perjalanan ini menyandingkan keajaiban alam dan budaya dalam satu bingkai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya