Benarkah Apple Membuat Mobil Autonomous?

Mobil van misterius yang disewa Apple
Sumber :
  • www.appleinsider.com

VIVA.co.id - Beberapa hari yang lalu, dunia otomotif dihebohkan dengan berita mengenai rencana perusahaan Apple untuk terjun ke dalam bidang otomotif. Dikenal sebagai pembuat ponsel dan tablet, Apple sebenarnya sudah sejak tahun lalu memiliki ide ini.

Ini Sinyal Apple Kencang Kembangkan Mobil

Dilansir dari situs Jalopnik, Rabu 18 Februari 2018, wujud mobil konsep Apple sudah banyak tersebar di dunia maya. Bahkan ada pula beberapa foto mobil produksi umum yang digunakan oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat, ini sebagai uji coba.

Dalam foto tersebut, tampak beberapa alat tambahan dipasang di bagian atas mobil. Dari bentuknya, alat-alat ini diduga merupakan sensor radar yang biasa digunakan dalam uji coba kendaraan autonomous, atau mobil yang bisa berjalan sendiri, tanpa perlu supir di belakang kemudinya.

Misi Mobil Misterius Apple Mulai Terkuak

Namun, saat Jalopnik mengecek ke Samsat California, disebutkan belum ada nama Apple di dalam daftar perusahaan yang mengajukan uji coba kendaraan autonomous.

Sekedar informasi, untuk bisa melakukan uji coba, perusahaan harus mendaftarkan terlebih dahulu proyek autonomous mereka ke Samsat setempat.

Pakai Mobil Misterius, Apple Bikin Layanan Street View?

Hingga saat ini, baru ada delapan perusahaan yang resmi terdaftar, yakni Volkswagen Group, Mercedes-Benz, Google, Delphi Automotive, Tesla Motors, Bosch, Nissan, dan yang terbaru, Cruise Automotive.

Meski demikian, bukan berarti Apple tidak berniat untuk mengembangkan teknologi canggih ini. Demi bersaing dengan rival utamanya, Google, Apple kerap merahasiakan proyek terbaru mereka, hingga detik-detik terakhir peluncurannya.

Jadi, mungkin saja Apple mendaftarkan uji coba tidak di wilayah perusahaan mereka, tetapi di tempat lain yang jauh dari pantauan media dan pesaingnya. (asp)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya