Mobil Mewah Impor Dibatasi, Begini Reaksi Gaikindo

Peluncuran Lamborghini Huracan Performante Spyder di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Pemerintah berencana membatasi impor kendaraan mewah di Indonesia. Salah satu caranya dengan menaikan PPh yang awalnya 2,5 sampai 7,5 persen menjadi 10 persen, termasuk untuk mobil mewah.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Menanggapi hal tersebut, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto mengatakan, pihaknya mendukung keputusan yang dibuat oleh pemerintah untuk membatasi impor, termasuk di dalamnya mobil mewah.

"Langkah pemerintah saat ini untuk menaikkan pajak komoditi mewah sudah tepat," ujar Jongkie kepada VIVA, Jumat 14 September 2018.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Meski mendukung pembatasan impor kendaraan mewah, Jongkie mengatakan, kategori kendaraan mewah sebaiknya tidak hanya didasari oleh kapasitas mesin, tetapi juga dilihat juga dari harga jualnya.

"Cuma harus ditetapkan kriterianya, karena cc (kapasitas) mesin saat ini sudah tidak bisa dijadikan ukuran mewah. Mobil dengan cc kecil bisa memperoleh engine power yang besar dan harga mobilnya bisa mahal. Begitu juga sebaliknya, mobil dengan cc mesin besar tapi harganya mobilnya murah," kata Jongkie.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Jongkie mengatakan, pembatasan impor mobil mewah ini juga tidak berpengaruh pada penjualan mobil di Tanah Air.

"Tidak ada pengaruh ke industri atau penjualan otomotif nasional karena pasarnya sangat kecil," kata Jongkie.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024