Masuk ke Tempat Ini, Penggemar Nissan Bisa Lupa Daratan

Museum mobil klasik Nissan Datsun
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Setiap merek mobil yang ada di dunia, pasti mempunyai sejarah panjang dengan produk-produk racikannya. Seperti Nissan, yang mengumpulkan semua mobil bersejarahnya dalam museum Nissan Heritage Collection di Kanagawa, Jepang.

KPK Sita 1 Mobil Lagi Milik Andhi Pramono yang Diumpetin di Bengkel, Chevrolet BLR 58

VIVA mendapat kesempatan melihat langsung jajaran mobil lawas Nissan Datsun di museum tersebut. Terlihat jajaran mobil lawas, mulai dari lansiran 1931 sampai 2000-an, terparkir rapi dengan kondisi yang masih kinclong.

Pemandangan ini bisa membuat penggemar mobil Nissan lupa daratan. Sebab, banyak mobil-mobil edisi terbatas yang sempat populer di zamannya.

Terpopuler Otomotif: Parade Sepeda Motor Baru 2023, Kecelakaan Pertama Tesla Cybertruck

Seperti Fairlady Z432 lansiran 1969 hingga Fairlady Z 300ZX buatan 1998. Ada juga Skyline, mulai dari seri Prince 1500 Deluxe buatan 1965 sampai Skyline GT-R tahun produksi 2002.

Mobil klasik Nissan

Ferrari Kuasai Daftar Mobil Klasik Termahal Tahun 2023

Dan yang tidak kalah menarik, jajaran mobil balap Nissan dari berbagai ajang, seperti Le Mans balap 24 jam, Japan Grand Prix, GT Championship Amerika Serikat, serta balap reli.

"Nissan Heritage Collection berdiri 1954. Awalnya hanya satu mobil yang pertama kali diproduksi, Datsun 12 Phaeton tahun 1933. Sekarang, jumlahnya 300 unit. Beberapa disumbangkan dari komunitas," ujar mantan desainer Nissan Motor Company Ltd, Takaya Naguchi di Jepang, Kamis 27 September 2018.

Dia mengatakan, koleksi mobil yang ada di sini tidak hanya mobil penumpang saja, tapi ada truk, van, taksi, mobil penggerak listrik, serta mobil kepolisian.

"Ada 114 mobil balap reli. Untuk masuk ke museum ini tidak sembarang orang, harus ada tujuan khusus," tutur pria yang bertugas sebagai pemandu tersebut.

Mobil klasik Datsun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya