Mobil Baru Nissan Kembaran Xpander Bisa Jadi Pesaing Innova

Bocoran Nissan Livina baru
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gambar mobil baru yang sedang diuji jalan di Tol Cipali, menjadi buah bibir masyarakat. Mobil keluarga tersebut menjadi perbincangan, lantaran bentuk bodinya mirip dengan Mitsubishi Xpander, namun menggunakan tampilan depan khas Nissan.

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

Logo dan grille mobil yang tepergok itu masih ditutup selubung. Namun, bisa dikenali bahwa mobil itu adalah Mitsubishi Xpander rasa Nissan. Desain grille V-Motion milik Nissan terlihat jelas, yang menjadi identitas ‘wajah’ mobil Nissan di dunia. 

Foto-foto yang beredar seolah menjawab rasa penasaran masyarakat, terkait generasi baru Grand Livina yang disebut-sebut menggunakan platform Xpander.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Saling bertukar platform, mesin, bahkan desain bodi memang kerap dilakukan di industri otomotif, terlebih jika merek-merek tersebut ada dalam satu lingkaran bisnis atau aliansi.

Nissan All New Livina kepergok di Tol Cipali.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Meski Grand Livina disebut akan menjadi kembaran Xpander, namun jika menelisik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ternyata keduanya ada di segmen yang berbeda. 

Xpander hadir di kelas low multi purpose vehicle, bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, hingga Wuling Confero S.

Sementara, Grand Livina menempati kelas medium multi purpose vehicle, bersama produk legendaris Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, serta pendatang baru Wuling Cortez.

Bicara angka penjualan, jelas Xpander lebih unggul jika dibandingkan Grand Livina. Sebab, pasar low MPV memang lebih menggiurkan jika dibandingkan mobil keluarga kelas menengah.

Sepanjang Januari sampai Desember 2018, pengiriman Xpander dari pabrik ke diler mencapai 75.057 unit. Sementara, wholesales Grand Livina selama tahun lalu diketahui 2.392 unit saja. (re2)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya