Intip Biaya Servis SUV Nissan Terra

New Nissan Terra
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Setiap mobil membutuhkan perawatan berkala, agar kondisinya tetap prima. Ketentuan waktu yang tepat saat servis, biasanya berpatokan pada jarak tempuh mobil tersebut. Soal biaya, tergantung pergantian komponen dan jasa.

Duel Mobil SUV Gagah Nissan Terra vs Hyundai Palisade

Bahkan, meski satu merek, biaya servis bisa berbeda tiap jenis mobil. Contohnya Nissan Terra, sport utility vehicle yang harga jualnya mulai dari Rp467 juta sampai Rp665 juta. Servis Manager diler Nissan Datsun Alam Sutera, Tisno Adiwinarno mengatakan, karena Terra ada dua pilihan penggerak, maka biaya servis ada sedikit perbedaan.

"Jasa gratis sampai 50 ribu kilometer atau tiga tahun, tapi untuk suku cadang kena biaya. Perbedaan biaya servis untuk penggerak empat roda hanya di 120 kilometer, ada pergantian oli diffrential, karena gardannya dua," ujarnya kepada VIVA di Tangerang, Senin 4 Maret 2019.

Mobil SUV Pesaing Pajero Sport dan Fortuner Meluncur di GJAW 2023

Lanjut dia, biaya servis antara Terra 4x2 dan 4x4 sama saja, mulai dari 10 ribu kilometer sampai 100 ribu kilometer. Untuk biaya servis di kelipatan 10 ribu, 30 ribu dan 50 ribu kilometer, angkanya Rp656,15 ribu, dengan pergantian oli mesin, saringan oli dan gasket oli.

Sedangkan di 20 ribu kilometer, cukup banyak komponen yang diganti. Biayanya Rp1,251 juta, meliputi saringan oli, gasket oli, saringan solar, oli mesin, dan saringan AC. Yang paling mahal, saat servis di kelipatan 80 kilometer, biayanya Rp2,837 jutaan.

Mejeng di GIIAS 2022, Kapan Nissan Terra Terbaru Dijual di Indonesia?

"Termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10 persen. Secara total, biaya servis dari sampai 100 ribu kilometer mencapai Rp15,016 juta," tuturnya. (yns)

VIVA Otomotif: Mobil listrik Esemka Bima EV

Terpopuler Otomotif: Warganet Serbu Medsos Esemka, Honda WR-V Dipakai Satu Tahun Dilelang

Berita yang membahas mengenai warganet serbu medsos Esemka dan Honda WR-V dipakai satu tahun dilelang, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023