Banyak yang Gak Tahu, Segini Ukuran STNK Zaman Dulu

STNK mobil zaman dulu
Sumber :
  • Facebook Motuba

VIVA – Tak lama setelah Indonesia merdeka, lalu lintas mulai diramaikan dengan kehadiran mobil-mobil impor buatan Amerika Serikat. Mereknya bermacam-macam, mulai dari Oldsmobile hingga Chevrolet.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Ciri khas mobil zaman dulu adalah bodinya yang besar, dan dibekali mesin dengan kapasitas di atas 3.000cc. Seiring perkembangan waktu, keberadaannya mulai berkurang dan hanya beberapa saja yang masih laik jalan.

Beberapa ada yang masih tersimpan di gudang atau dibiarkan terbengkalai di tengah ladang. Oleh para penggemar, kendaraan tersebut dicari untuk kemudian dikembalikan kondisinya seperti semula.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Salah satu yang belum lama ini ditemukan, yakni Chevrolet Fleetmaster lansiran 1947. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Motuba, Jumat 9 Oktober 2020, mobil tersebut awalnya disimpan di dalam gudang di luar Pulau Jawa.

Baca juga: Suzuki Jimny Bekas Harganya Ada-ada Saja

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

“Ini Chevrolet Fleetmaster buatan 1947. Didapat secara kebetulan dari referensi seorang temen, yang tau ada mobil ini diem di gudang di luar pulau sejak tahun 1970 dan tidak pernah jalan lagi,” tulis pengunggah foto.

Menurut pemilik baru bernama Bernard itu, kondisi mobil masih asli baik bagian luar maupun dalam. Mesinnya juga demikian, yakni enam silinder berkapasitas 3.500cc yang bisa menghasilkan tenaga 90 daya kuda.

Temuan lain yang tidak kalah menarik, yakni surat jalan yang fungsinya sama seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK saat ini. Ukurannya sangat besar, setara kertas A4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya