Jangan Salah Pilih Pelumas untuk Mobil Tua

Ilustrasi ganti oli
Sumber :
  • ExxonMobil

VIVA – Banyak keuntungan memiliki mobil dalam kondisi baru. Mulai dari masih dilindungi garansi, hingga kondisinya mulus dan bebas masalah.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Berbeda jika usia kendaraan sudah lebih dari lima tahun, maka dibutuhkan perawatan yang lebih banyak dari servis berkala. Beberapa komponen memerlukan pergantian, sementara yang lainnya perlu diperiksa secara berkala agar tetap berfungsi normal.

Salah satu komponen yang juga harus diperhatikan, yakni bagian mesin, terutama pelumas atau oli yang digunakan. Sebab, ini menjadi kunci dari kendaraan tersebut bisa terus digunakan atau tidak.

Pakai Pelumas Ini Efeknya Jadi Mengerikan

General Manager Mobil Lubricants, Eben Tambunan mengatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kekentalan pelumas yang sesuai dibutuhkan mesin, adalah usia kendaraan.

Baca juga: BBM Pertalite Murah akan Dijual di Sumatera

Mesin Mobil Bisa Awet dan Tahan Lama Berkat 9 Bahan Ini

“Karena, hal ini berkaitan dengan teknologi, serta jarak renggang antar komponen mesin yang sudah tak serapat saat kondisi baru. Oleh karena itu, konsumen harus mengetahui karakteristik kendaraannya sebelum menentukan jenis pelumas,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 12 Oktober 2020.

Untuk memudahkan pemilik kendaraan, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menggandeng Brum Indonesia menghadirkan layanan servis di rumah bagi pengguna kendaraan roda empat.

Layanan ini masih dapat terus dinikmati masyarakat Jabodetabek hingga akhir tahun 2020. Ada dua paket layanan yang ditawarkan, yaitu paket ganti oli dan paket komplit.

“Mekanik tersertifikasi dan berpengalaman mampu memberikan edukasi terbaik untuk pengguna jasa Brum Indonesia. Termasuk di dalamnya edukasi dari mekanik kami tentang jenis pelumas rekomendasi yang memang kadang menjadi dilema untuk konsumen,” kata Chief Executive Officer Brum Indonesia, Bagus Mahadityo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya