Punya Hobi Dorong Mobil, Pria Ini Masuk Rekor Dunia

Pria asal FInlandia cetok rekor dunia pendorong mobil tercepat.
Sumber :
  • Motor1

VIVA – Mendorong mobil menjadi salah satu solusi ketika mesinnya susah dinyalakan. Kegiatan ini, kerap dilakukan oleh pengguna yang kendaraan roda empatnya masih mengandalkan sistem transmisi manual.

Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

Aktivitas mendorong mobil yang mogok untuk menyalakan mesinnya, biasa dilakukan oleh lebih dari dua orang. Salah satu diantaranya tetap berada di posisi kemudi, dan bertugas memindahkan tuas tranmisi ke posisi gigi 1 atau mundur, sembari menghentakan kopling dan menginjak dalam.

Meski tidak disarankan oleh pabrikan otomotif manapun, karena bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mobil, cara tersebut tetap dilakukan. Bahkan, ada orang yang mencatatkan dirinya untuk masuk rekor Guinness World Record. Ya, ini baru dilakukan seorang pria bernama Jussi kallioniemi.

Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

Pria yang berprofesi sebagai Pakar Teknologi Informasi itu menyebut, dirinya seperti orang-orang paruh baya lainnya yang menginginkan badan sehat dengan cara berolahraga. Meski demikian, dia memilih kegiatan berbeda, yakni mendorong mobil.

"Saya mengambil tantangan rekor dunia dan memperhitungkan semuanya, termasuk membuat mobil bisa berputar lebih ringan agar memudahkannya," tuturnya seperti dilansir dari Motor1, Rabu 18 November 2020.

Chery Malaysia Recall 600 Unit Omoda 5 Buntut Viralnya As Roda Belakang Patah

Jussi mencetak rekor dunia untuk pendorong mobil tercepat. Pria asal Finlandia itu berhasil mencatat waktu 13 menit dan 26 detik, ketika mendorong kendaraan berperawakan besar sejauh 1 mile atau sekira 1,6 kilometer.

Untuk mendukung kesuksesannya meraih rekor dunia pendorong mobil terjauh, Jussi Kallioniemi mengandalkan kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) Saab 97-X, yang memiliki bodi bongsor dan mesin V8 berkapaasitas 5.300cc.

Baca juga: Ford Bikin Jok Mobil Canggih untuk Kaum Rebahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya