Honda ZR-V Siap Hadir, Suzuki Siapkan Kejutan Untuk Lawan Raize?

Suzuki Vitara
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Persaingan small SUV atau Sport Utility Vehicle bermesin 1.000cc turbo semakin sengit. Sebelumnya, segmen itu hanya diisi Nissan Magnite, namun tahun ini Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Renault Kiger hadir.

Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Kemudian Hyundai sebagai produsen mobil asal Korea Selatan juga akan merilis Hyundai Creta di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 yang berlangusung pada 11-21 November di ICE BSD, Tangerang.

Meski belum diketahui dapur pacu yang akan bersarang di Creta buatan Indonesia itu, namun di India mobil tersebut punya pilihan mesin 1.500cc bensin, dan 1.000cc turbo.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Tidak berhenti sampai disitu, Honda juga mempersiapkan kejutan dengan produk terbarunya yang hadir pertama kali di dunia dalam pameran GIIAS. Digadang-gadang SUV yang siluetnya sudah dibocorkan itu bernama Honda ZR-V.

Bocoran mobil baru Honda di Dreams Cafe.

Photo :
  • Tangkapan layar
Ada Pengumuman untuk Pemilik Daihatsu Xenia dan Rocky

Sepertinya produk tersebut satu kelas dengan WR-V di negeri Bollywood, namun secara platform, fitur, desain berbeda menyesuaikan kondisi pasar dalam negeri. Belum ada informasi terkait jantung pacu ZR-V.

Berkaca dari peta persaingan SUV kompak yang semakin ketat itu, hanya Suzuki yang terlihat menutup diri. Padahal jenama asal Jepang itu sempat menampilkan Suzuki Breza sekitar 2017, namun dengan spesifikasi mesin berbeda.

Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel Tampubolon mengatakan, ramainya produk-produk baru di segmen SUV lima penumpang membuat pilihan konsumen lebih beragam.

“Konsumen semakin banyak pilihan antara SUV dua baris, atau tiga baris. Semua memberikan proporsi keuntungan masing-masing,” ujarnya saat dihubungi Viva Otomotif, Jumat 29 Oktober 2021.

Sementara saat disinggung terkait Breza yang tak kunjung dijual, Harold menyebut bahwa mobil itu tidak sesuai dengan selera pasar Indonesia. Sehingga setelah muncul dipameran tidak dilanjutkan lagi proses studinya untuk dipasarkan.

“Waktu itu pengunjung tidak terlalu antusias. Salah satunya waktu itu mesin Breza 1.300cc diesel, bahan bakar bukan bensin. Atas dasar itu makannya menurut riset kita tidak terlalu antusias,” kata Harold.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan Suzuki di Indonesia akan merilis SUV dengan spesifikasi yang serupa dengan Raize, Rocky, Magnite, atau Kiger. Atau langsung menjual Grand Vitara terbaru yang sudah dipasarkan di global.

“Kalau kemungkinan pasti ada (jual SUV 5-seater), namun pilihannya bukan hanya di Breza saja. Tapi kita belum bisa menginformasikan dulu karena masih di bawah riset. Grand Vitara normal juga ada,” tuturnya.

Sekadar informasi, Suzuki Grand Vitara tidak bisa disandingkan dengan SUV kompak yang sudah ada, meskipun dapat menampung lima penumpang namun mobil itu dipersenjatai mesin lebih besar, yakni 1.400cc booster jet dengan sistem mild hybrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya