Mobil Fenomenal di 2021, Baru Dibeli Langsung Dijual Pemiliknya

Toyota Raize
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Sepanjang 2021 ada sejumlah peristiwa menarik dari industri otomotif. Mulai dari kemunculan produk-produlk baru, hingga menjadi kendaraan paling fenomenal setelah dijual oleh masing-masing pemegang mereknya.

Mengejutkan Ini Harta Berjalan Teuku Ryan Setelah Ditinggal Ria Ricis

Salah satu produk fenomenal di tahun ini adalah Toyota Raize. Mobil yang meramaikan pasar Sport Utility Vehicle atau SUV kompak itu resmi diluncurkan pada 30 April 2021, dan ditawarkan dalam beberapa varian.

Di awal kemunculannya Raize hanya ditawarkan satu pilihan mesin, yakni tiga silinder turbo berkapasitas 1.000cc. Mesin dengan sistem VVT-i itu dapat memuntahkan tenaga 96,6 dk di 6.000 rpm, dan torsi 140,2 Nm di 2.400-4.000 rpm.

Viral Aksi Mobil Seruduk Warung Makan Pinggir Jalan, Sejumlah Motor Ringsek dan Pengunjung Luka

Toyota Raize

Photo :
  • Dok: TAM

Kemudian demi melebarkan sayapnya, Toyota merilis versi yang lebih terjangkau dengan menanamkan mesin bensin 1.200cc tiga silinder tanpa turbo Dual VVT-i. Tenaganya hanya 86,7 dk di 6.000 rpm, dan torsi 112,7 Nm di 4.500 rpm.

Belum Punya Gaji Segini Jangan Mimpi Kredit Kijang Innova Zenix

Mengutip situs Toyota Indonesia, SUV kompak tersebut ditawarkan dalam 12 varian. Untuk mesin turbo terdapat 9 pilihan dengan harga mulai dari Rp219,900 juta untuk 1.0T G MT one tone, sampai Rp266,800 juta tipe 1.0T GR CVT TSS two tone.

Artinya untuk kasta tertinggi sudah disematkan Toyota Safety Sense yang didalamnya bersarang fitur-fitur keamanan, dan bisa mempermudah pengemudi ketika berkendara.

Sementara untuk varian non turbo hanya tersedia dua varian dengan satu warna atau single tone, tanpa fitur TSS. Dibanderol mulai Rp202,700 juta untuk tipe 1.2 G MT, dan Rp215,800 juta untuk 1.2 G matik CVT matik.

Mobil SUV dengan konfigurasi lima penumpang berhasil membius masyarakat di awal kehadirannya, peminatnya sangat besar, namun jumlah produksi tidak sesuai. Sehingga konsumen inden berbulan-bulan untuk mendapatkan unit.

Namun di balik keriuhan tersebut, ada beberapa pemilik yang langsung menjual Raize setelah mendapatkan unit. Dijual dengan harga yang tidak terlalu jauh dari kondisi barunya.

“Tidak jadi pakai karena dapat mobil dinas dari kantor. Jarak tempuhnya masih 400 kilometer, kondisi 100 persen belum berkurang, wangi barunya dan gres,” tulis keterangannya, dikutip VIVA Otomotif.

Dalam statusnya dijelaskan, Raize tipe tertinggi dengan warna kombinasi kuning, dan hitam tersebut masih menggunakan pelat nomor sementara. Untuk membuktikan keabsahan pembelian bisa melakukan pengecekan di Toyota Auto2000 Cempaka Putih.

“Harga baru Rp265 juta, dan inden. Ini saya kasih harga Rp240 juta langsung pakai. Dapat bonus klakson Hella,” katanya.

Di tempat terpisah, showroom mobil bekas Auto Point di Sunter, Jakarta Utara menawarkan Raize GR Sport CVT 1.0T one tone dengan harga Rp240-260 juta. SUV kompak tersebut status pajaknya sampai Agustus 2022 dengan jarak tempuh 157 kilometer.

“Masih seperti baru, alasan pemiliknya jual cuma lapar mata saja kayaknya,” ujar salah satu penjual di showroom mobil bekas tersebut yang enggan disebutkan namanya saat dikonfirmasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya