Penjualan Daihatsu Naik 34,7 Persen, Masih Andalkan Sigra

Booth Daihatsu di GIIAS 2021
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Pasar otomotif di Indonesia kembali mengalami peningkatan usai pandemi covid-19 mulai terkendali. Hingga Mei 2022, tercatat penjualan ritel hingga 381 ribu unit atau naik 18,5 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021 sekitar 322 ribu unit.

Daihatsu Xenia Berusia 12 Tahun Ini Jadi Sorotan di Bekasi

Untuk Daihatsu sendiri tetap berada di posisi kedua dalam penjualan otomotif nasional. Tercatat dari Januari hingga Mei 2022, penjualan ritel sebanyak lebih dari 73 ribu unit, atau naik 34,7 persen dibanding Mei 2021.

Sedangkan kenaikan market share Daihatsu tercatat sebesar 2,3 persen menjadi 19,3 persen dibandingkan periode yang sama 2021 sebesar 17 persen. Sehingga kenaikan persentase Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.

Pembeli Mobil Pertama Enggan Pilih EV, Ini Alasannya

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel tetap didominasi oleh tiga model. Daihatsu Sigra masih jadi tulang punggung dengan penjualan sebanyak 18.069 unit, atau berkontribusi 24,5 persen.

Posisi kedua ada Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 16.954 unit (23 persen), dan Xenia dengan raihan 9.910 unit (13,4 persen) di peringkat ketiga.

Bukan Suku Bunga, Ini yang Jadi Perhatian Pembeli Mobil Pertama

Data penjualan Daihatsu Januari-Mei 2022

Photo :

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan penjualan lima bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19.

"Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional,” ujar Hendrayadi dalam siaran pers ke VIVA Otomotif, Jumat 10 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya