Mobil Listrik Ini Cuma Perlu Dicas Tiap 7 Bulan

Mobil listrik Lightyear 0
Sumber :
  • Autopro

VIVA – Saat ini banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia, yang menghadirkan produk mobil listrik. Tujuannya yakni untuk membantu mengurangi polusi udara, yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor.

Mobil Listrik Harga Terjangkau Kia Meluncur Bulan Ini

Beberapa model kendaraan setrum sudah dipasarkan sejak satu dekade lalu, namun baru lima tahun belakangan ini populasinya naik dalam waktu singkat.

Selain ramah lingkungan, beberapa mobil listrik juga dibekali teknologi canggih yang bisa memikat masyarakat untuk beralih dari kendaraan bermesin konvensional yang saat ini mereka gunakan.

Mengetahui Perbedaan Mode Berkendara Eco dan Eco+ di Wuling Cloud EV

Sayangnya, masih ada beberapa hal dari mobil listrik yang membuat orang ragu untuk membawanya pulang. Mulai dari harga yang lebih mahal, hingga proses pengisian daya baterai yang masih terbatas di beberapa negara.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Autopro, Selasa 21 Juni 2022, perusahaan Lightyear asal Belanda memiliki solusi untuk mengatasi masalah nomor dua, yakni dengan menghadirkan mobil listrik bertenaga surya.

Mobil Listrik Baru Buatan Bekasi Sudah Dipesan Ratusan Orang

Ide untuk memanfaatkan energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik, sebenarnya sudah ada sejak 1955 yakni miniatur mobil buatan General Motors.

Mobil listrik Lightyear 0

Photo :
  • Autopro

Lomba mobil bertenaga surya juga sudah lama digelar di Australia, namun sampai saat ini belum ada perusahaan yang berhasil menerapkannya pada kendaraan penumpang yang diproduksi secara massal.

Lightyear 0 digadang-gadang akan menjadi mobil pertama, yang memakai teknologi tersebut dan cukup efektif untuk menambah daya baterai sehingga pengguna tidak perlu sering mengecas.

Panel surya dipasang pada bagian atas, mulai dari atap sampai ke belakang dan juga kap depan. Daya listrik yang dihasilkan, diklaim bisa menambah jarak tempuh 70 kilometer setiap harinya.

Jika diparkir di bawah terik matahari selama satu jam, maka akan tersedia cukup daya untuk menempuh perjalanan sejauh 10 km. Total jarak tempuh mobil ini sekali cas, yaitu 600 km.

Jika mobil digunakan di negara yang dalam satu tahun banyak menerima sinar matahari, apabila per hari menempuh jarak 35 km maka proses pengisian baterai hanya perlu dilakukan setiap tujuh bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya