Mirip Alphard, Mobil yang Bisa Jalan Tanpa Bensin Ini Laku Keras

BYD Denza D9, mobil mewah mirip Alphard
Sumber :
  • BYD

VIVA Otomotif – Toyota Alphard menjadi salah satu mobil mewah paling popular di Indonesia. Sejumlah selebritis, pengusaha, hingga pejabat negara menggunakan MPV, atau Multi Purpose Vehicle tersebut untuk sehari-hari.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Mobil MPV pintu geser tersebut dipersenjatai dua mesin bensin, yaitu 2.500cc, dan 3.500cc dengan harga jual di atas Rp1 miliar. Selain di Indonesia, peminat Alphard di beberapa negara cukup tinggi, salah satunya China.

Tidak heran jika produsen lokal asal tiongkok tertarik membuat produk serupa, namun dengan harga lebih terjangkau, dan teknologi lebih canggih. Seperti yang dilakukan BYD bersama Mercedes-Benz di tahun ini.

Belum Minat Bawa Mobil Hybrid, BYD Masih Fokus Jualan Kendaraan Listrik

Kolaborasi dua brand tersebut melahirkan mobil yang memiliki desain mirip dengan Alphard, diberi nama Denza D9. Pertama kali dirilis pada Mei 2022, dan hingga saat ini peminatnya cukup positif.

Melansir Carnewschina, Senin 25 Juli 2022, hanya membutuhkan waktu dua bulan setelah dirilis Denza D9 sudah terjual 30 ribu unit. Konsumen yang sudah melakukan pemesanan baru akan menerima unit pada Agustus.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Bahkan di awal perkenalannya, mobil tersebut mampu mencatatkan angka pemesanan 3.000 unit hanya dalam waktu 30 menit. Demi menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi, BYD sudah menyiapkan jaringan diler baru.

Tahun ini ditargetkan ada berdiri 200 diler yang tersebar di 68 kota di China. Lantas apa istimewanya dari Denza D9?

MPV pintu geser dengan desain mirip Alphard tersebut ditawarkan dalam versi ramah lingkungan. Yang pertama PHEV, atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle dengan menggabungkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.500cc.

Produsen mobil listrik terbesar di China itu mengklaim bahwa jarak tempuh varian hybrid itu bisa menccapai 970-1.040 kilometer. Angka itu didapat dari dua sumber penggerak roda, yaitu listrik dan mesin konvensional.

Sementara varian kedua Denza D9 adalah listrik murni, mobil itu bergerak seutuhnya menggunakan dinamo, dan baterai sebagai sumber energi. Mobil tanpa suara itu bisa berjalan 600 km dalam kondisi baterai penuh.

Menurut beberapa sumber harga Denza D9 PHEV setara Rp700 juta, sampai Rp1 miliar, sedangkan untuk versi full listrik dilego Rp850 juta sampai Rp1 miliar. Lebih murah dari Alphard yang masih menggunakan mesin konvensional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya