Mobil Listrik Pesaing Hyundai Ioniq 5 Siap Mendarat di GIIAS 2022

Kia EV6
Kia EV6
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA Otomotif – Kia, dan Hyundai merupakan brand mobil asal Korea Selatan yang beraliansi untuk pasar global. Tidak heran jika produk-produk mereka dibuat menggunakan satu platform.

Salah satu produk terbaru yang memanfaatkan satu rancang bangun adalah Hyundai Ioniq 5, dan Kia EV6. Kedua mobil listrik tersebut memiliki spesifikasi serupa.

Perbedannya hanya dari eksterior, dan desain interior yang disesuaikan dari identitas brand masing-masing, atau ciri khas desainer mereka. 

Pada bagian depan, dan bodi samping EV6 terlihat lebih sporti, tidak terlalu futuristis. Lekukan, dan garis bodinya mengalir demi aerodinamika.

Buritannya dibuat agak menurun seperti halnya coupe, lampu belakang menyatu dengan reflektor di bagasi, yang membentang horizontal.

Berbeda dengan Ioniq 5, tempat pengisian baterai EV6 berada di sisi kanan belakang. Kia EV6 pertama kali hadir pada tahun lalu, secara dimensi mobil listrik Kia lebih panjang.

Secara keseluruhan panjangnya mencapai 4.695 mili meter, sedangkan saudara kandungnya 4.635 mm, namun lebarnya sama-sama 1.890 mm.

Setelah dipasarkan di beberapa negara, diam-diam PT Kreta Indonesia Arta (KIA) akan merilis Kia EV6 dalam waktu dekat. Sebelum diriliis, sudah kepergok kamera sedang di angkut truk, dan terparkir di salah satu gedung.

Beberapa akun Instagram memposting penampakan mobil listrik tersebut mendarat di Jakarta. Jika melihat dari unggahan @bangkoboi, EV6 berwarna putih yang terparkir di basement gedung itu adalah varian GT Line.

Khusus tipe tertinggi itu, mobil tanpa emisi tersebut dipersenjatai baterai Lithium-ion berdaya 77,4 kilo watt per hour. Diklaim jarak tempuhnya dari hasil pengujian internal mencapai 506 kilometer dari kondisi baterai penuh.

Motor listrik atau dinamo untuk menggerakkan roda depan memiliki tenaga setara 99 dk, dan torsi 255 Nm. Sedangkan pada roda belakang tenaganya 221 dk, dan torsi 350 Nm, performa yang besar untuk jenis hatchback.

Secara total keempat rodanya itu bisa menyemburkan tenaga 321 dk, dan torsi 605 Nm. Untuk mengajaknya berlari dari kondisi diam hingga 100 km per jam hanya butuh waktu 5,2 detik, dan kecepatan maksimalnya 183 km per jam.

Menurut salah satu tenaga penjual diler Kia di kawasan Jakarta, memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2022 produsen mobil asal Korea Selatan itu akan memperkenalkan dua mobil listrik.

“Infonya ada Kia EV6, dan Niro EV. Cuma belum pasti apakah langsung dijual, atau sekadar dipamerkan,” ujar sales yang enggan disebutkan namanya kepada Viva, Senin 8 Agustus 2022.