Gak Nyangka, Ini Bocoran Harga Toyota Innova Hybrid di Indonesia

Ilustrasi gambar mobil Toyota Innova terbaru
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA Otomotif – Mobil Kijang menjadi produk pertama Toyota yang diproduksi lokal. Kendaraan roda empat yang sempat dijuluki kerjasama Jepang dan Indonesia itu awalnya ditawarkan dalam bentuk pengangkut barang atau jenis pikap.

Toyota Innova Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga Rp400 Jutaan

Namun seiring kebutuhan pasar yang meningkat akan mobil penumpang harga terjangkau, Toyota Kijang versi MPV hadir dengan memiliki konfigurasi tujuh penumpang, dan bagasi yang luas sesuai selera masyarakat.

Setelah sukses di pasar domestik, Toyota menjual produk buatan lokal hingga ke luar negeri. Di mana Kijang Super menjadi model pertama yang di ekspor ke Brunei Darusalam pada 1980-an sebanyak 50 unit dalam keadaan utuh.

Video Toyota Innova Seruduk Angkot Bikin Warganet Berdebat Tentukan Siapa yang Salah

Hingga saat ini mobil legendaris Toyota tersebut masih eksis di pasaran, dan sudah mengalami beberapa kali perubahan total. Memasuki tahun 2000-an, MPV berbadan bongsor itu memiliki nama tambahan, yaitu Innova.

Kijang Innova adalah salah satu produk yang menjadi tulang punggung penjualan Toyota di Tanah Air, bahkan penguasa pasar MPV kelas menengah ke bawah. Ditawarkan dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.000cc, dan diesel 2.400cc.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Mengingat produk tersebut sudah dikenal luas, dan memiliki pasar yang menjanjikan, maka Toyota memilih Kijang Innova sebagai produk pertamanya yang akan disematkan teknologi hybrid demi menuju era ramah lingkungan. 

Dengan begitu tidak membutuhkan proses panjang untuk produksi, atau memperkenalkannya di pasar. Artinya hanya perlu menyesuaikan beberapa komponen tambahan, dan masyarakat sudah tahu sepak terjang produk tersebut.

Kehadiran Toyota Innova Hybrid di Indonesia masih menjadi perbincangan hangat. Terlebih setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan versi listrik berbasis baterai di pameran otomotif pada Maret 2022 di Jakarta.

Jauh sebelum itu, dua tahun lalu Toyota sudah mendaftarkan hak paten Innova Zenix di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum, dan HAM. Ditawarkan tiga varian, yaitu G Hybrid, V Hybrid, dan Q Hybrid.

Bahkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sempat mengatakan, Toyota berkomitmen untuk memproduksi beberapa kendaraan elektrifikasi di Indonesia, dan yang pertama akan dipasarkan adalah Innova.

“Akan diawali dengan produksi Kijang hybrid, tentunya kami akan terus mendukung, dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni,” ujar Menperin dalam keterangan resminya.

Sinyal lain soal kehadiran Innova Hybrid, menurut penelusuran Viva di beberapa diler ada tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya, menjelaskan bahwa mobil ramah lingkungan itu akan menggantikan varian diesel.

“Infonya gitu, soalnya stok unit varian diesel sudah jarang, di diler saya saja sisa satu unit tipe G, dan belum ada penditribusian lagi,” ujar sales tersebut saat dikonfirmasi, Kamis 22 September 2022.

Di tempat terpisah, wiraniaga diler Toyota yang namanya dirahasiakan mengatakan, kisaran harga Innova Hybrid diprediksi Rp500 jutaan. Konsumen juga bisa melakukan pemesanan, tapi belum bisa dipastikan waktu peluncuran resminya.

“Kisarannya Rp500 jutaan, ada juga informasinya Rp450-600 juta jadi belum pasti. Tapi kalau mau pesan bisa,” katanya.

Saat dikonfirmasi terkait kabar tersebut, Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy masih enggan memberikan informasi produk terbarunya. “Saya enggak bisa komentar soal strategi produk masa depan,” ujar Anton kepada Viva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya