Ada Peran Indonesia di Mobil Keren Buatan Brasil Ini

New Honda WR-V
Sumber :
  • Honda India

VIVA Otomotif – Indonesia memiliki industri otomotif yang besar dan diakui kualitasnya oleh banyak negara, hal itu tidak terbatas pada unit mobil yang diproduksi namun juga komponen.

Mengejutkan Ini Harta Berjalan Teuku Ryan Setelah Ditinggal Ria Ricis

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Rabu 19 Oktober 2022, setiap bulan ada jutaan komponen kendaraan bermotor yang dikapalkan ke luar negeri.

Pada September kemarin, ada  11.517.793 komponen yang dikirim ke berbagai negara tujuan. Rekor tertinggi di tahun ini ada di periode Agustus, di mana jumlahnya mencapai lebih dari 34 juta komponen.

Viral Aksi Mobil Seruduk Warung Makan Pinggir Jalan, Sejumlah Motor Ringsek dan Pengunjung Luka

Salah satu negara tujuan ekspor komponen mobil buatan Indonesia adalah Brasil, yang juga memiliki industri otomotif cukup besar. Produk kendaraan buatan negara tersebut tidak hanya didistribusi secara lokal, namun juga untuk dikirim ke wilayah tetangga.

Ilustrasi pabrik perakitan mobil Honda.

Photo :
  • Inautonews
Korban Banjir di Brasil Selatan Bertambah Jadi 29, 60 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Jika dilihat dari merek, maka Toyota menjadi kontributor terbesar. Diikuti oleh Honda, yang selama sembilan bulan di tahun ini sudah mengapalkan lebih dari 10 juta komponen.

Dari data Gaikindo, diketahui bahwa PT Honda Prospect Motor mengekspor komponen buatan mereka secara reguler ke Brasil. Uniknya, ada yang diperuntukkan bagi mobil yang tidak dipasarkan di Indonesia.

Model yang dimaksud adalah Honda WR-V, yang saat ini diproduksi di Brasil untuk keperluan ekspor. Negara lain yang juga merakit mobil mungil tersebut adalah India.

Honda WR-V pertama kali hadir di Negeri Hindustan lima tahun lalu, dan langsung mendapat sambutan positif dari konsumen. Wujudnya yang mungil dan masuk dalam segmen small sport utility vehicle, dianggap pas dengan kebutuhan warga India.

Honda WR-V 2020

Photo :
  • Cartoq

Generasi terbarunya mengusung grille dengan model yang yang lebih kekar, sementara lampu depan kini sudah disematkan teknologi proyektor dengan bohlam light emitting diode atau LED. Lampu hemat energi itu juga dipasang di bagian belakang, sehingga beban kelistrikan berkurang.

Sama seperti versi sebelumnya, WR-V baru hadir dalam dua pilihan mesin, diesel berkapasitas 1.500cc yang sanggup menghasilkan tenaga 100 daya kuda dan mesin bensin berkapasitas 1.200cc dengan 90 daya kuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya