Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Cetak Rekor Baru

Daihatsu rayakan capaian produksi 8 juta unit mobil di Indonesia
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Daihatsu telah hadir mewarnai industri otomotif di Indonesia sejak tahun 1978. Pada Jumat, 7 Juli 2023, pabrikan asal Jepang ini merayakan pencapaian produksi ke delapan juta unit di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sunter Assembly Plant, Jakarta.

Soroti Predikat Kemiskinan di Brebes, Paramitha: Pemda Harus Perhatikan 3 Hal Ini

ADM memiliki kapasitas produksi 530.000 unit per-tahun, yang menjadikannya sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia, sekaligus menjadi basis produksi dan komponen dalam memenuhi permintaan baik untuk pasar domestik, maupun global bagi grup Daihatsu dan Toyota.

Daihatsu rayakan capaian produksi 8 juta unit mobil di Indonesia

Photo :
  • Arianti Widya
Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Hal ini didukung oleh lima pabrik dan beragam fasilitas lainnya seperti R&D Center, Serive Part Center, Vehicle Logistic Center, dan Head Office,

Pada pasar domestik, Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut. Daihatsu juga telah mengekspor kendaraannya ke lebih dari 80 negara tujuan.

Hyundai Gowa Sediakan Fasilitas Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda mengatakan pencapaian produksi ke delapan juta unit ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi Daihatsu atas usahanya dalam berkontribusi untuk membangun Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari seluruh pelanggan setia, pemerintah di Indonesia, serta seluruh pihak yang telah membantu capaian ke delapan juta unit ini," jelas Yasushi Kyoda pada 7 Juli 2023.

Menurutnya, pencapaian ini juga berkat dukungan para stakeholder yang melibatkan lebih dari 1.700 supplier dan lebih dari 600 UMKM di Indonesia.

"Kami berharap ADM dapat selalu menyediakan best value product yang berkualitas untuk pasar otomotif di Indonesia dan juga di dunia," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasmita turut mengapresiasi pencapaian produksi delapan juta unit mobil Daihatsu ini. Ia juga mengatakan bahwa dari 8 juta unit tersebut sebanyak 17 persen atau 1,34 juta unit merupakan produk yang telah di ekspor secara global.

"Kami (pemerintah) menyampaikan apresiasi terhadap kinerja ekspor PT ADM pada tahun 2022 yang mencapai 320.000 unit atau 67 persen dari total ekspor CBU (Completely Build Up) Indonesia yang tercatat 473 ribu unit," jelas Menteri Agus dalam tayangan video sambutannya di perayaan produksi 8 juta unit Daihatsu di Indonesia.

Menurutnya, semoga pencapaian dari Astra Daihatsu Motor ini bisa lebih baik dan ditingkatkan, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara, bahkan di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya