Pakai Mobil Listrik Bakal Jadi Tradisi PNS Jawa Barat

VIVA Otomotif: Hyundai Ioniq 5
Sumber :
  • Dok: HMID

Tangerang – Pemerintah berkomitmen untuk melakukan upaya terbaik dalam mempercepat proses elektrifikasi di Indonesia, seperti salah satunya untuk menggunakan mobil listrik bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat mengatakan, bahwa sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, bahwa ke depannya seluruh PNS akan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Hal ini disampaikannya setelah melihat-lihat pameran GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Ridwan Kamil saat ditemui di ajang GIIAS 2023

Photo :
  • Arianti Widya
BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

"Iya sesuai dengan arahan Pak Luhut, nanti diusahakan ke depannya seluruh PNS akan pakai mobil dinas Ioniq 5. Kami tradisikan bagi para PNS juga yang membeli mobil pribadi sudah saatnya beralih ke mobil listrik," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, dikutip VIVA Otomotif pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Menurutnya, polusi udara di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) 70 persennya disebabkan oleh kendaraan yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Toyota Gak Sejalan dengan Moeldoko, Ini yang Bikin Mobil Hybrid Perlu Insentif

"Jadi sudah saatnya untuk bertransisi ke mobil listrik untuk mengurangi polusi," jelasnya.

Ridwan Kamil pun menanggapi terkait adanya kendaraan listrik yang sudah menjamur di Indonesia, menurutnya akan lebih baik jika Indonesia tidak menggunakan BBM lagi.

"Hybrid pun tidak masalah karena kan setengahnya menggunakan listrik, setengahnya BBM di kondisi tertentu. Tapi poinnya, full jangan BBM," tuturnya.

Sebagai informasi, tujuan dari kunjungan Ridwan Kamil di ajang GIIAS 2023 untuk melihat-lihat harga kendaraan sekitar harga Rp600 juta, Rp700 juta hingga Rp800 juta karena ini harga mobil untuk para pejabat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya