Teknologi Hybrid Suzuki Dibuat agar Semua Orang Bisa Beli

VIVA Otomotif: Booth Suzuki di GIIAS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tangerang – Suzuki menjadi satu-satunya pabrikan otomotif di Indonesia, yang menerapkan teknologi elektrifikasi dalam bentuk mild hybrid pada lini mobil produksi mereka.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Sejauh ini fitur yang diberi nama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki tersebut sudah dipasang di tiga model yang dipasarkan di Tanah Air, yakni All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara dan New XL7 Hybrid.

Department Head Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales, Joshi Prasetya mengatakan bahwa ada alasan khusus mengapa mereka memilih cara berbeda dibandingkan dengan produsen lain yang langsung membuat mobil listrik.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Menurutnya, SIS memiliki konsep bahwa melakukan popularisasi itu harus bisa masuk ke dalam populasi yang besar, dengan harga yang memang masuk dalam segmen gemuknya daya beli masyarakat.

Teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

“Skala ekonominya harus diperjuangkan. Nah dengan teknologi yang tepat, sehingga masyarakat bisa beli lebih banyak kendaraan tersebut, merasakan.Itulah yang kami bilang dengan popularisasi,” ujarnya di kawasan BSD, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 19 Agustus 2023.

General Manager Strategic Planning Department SIS, Ei Mochizuki menuturkan bahwa dibandingkan dengan electric vehicle alias EV, maka pengurangan emisi karbon mobil hybrid lebih sedikit.

“Tapi kalau jumlah penjualannya banyak, berarti total kekurangannya bisa dikontribusi total kekurangan CO2. Ini konsep Suzuki, menurunkan kadar polusi CO2,” tuturnya.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari penerapan teknologi SHVS, kata Mochizuki-san yaitu harga mobil menjadi lebih terjangkau.

“Tidak terlalu mahal dibandingkan dengan ICE (Internal Combustion Engine). Siapapun bisa membeli, ini tujuan Suzuki, siapa pun bisa membeli,” ungkapnya.

VIVA Otomotif: Suzuki Grand Vitara

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Bukan hanya dalam wujud kendaraan, upaya Suzuki untuk membantu mewujudkan lingkungan yang lebih bersih juga dterapkan dalam bentuk corporate social responsibility.

Misalnya kampanye Clean Up The World, yang mengajak masyarakat aktif dalam membersihkan pantai dan mengurangi penggunaan plastik.

"Melalui kampanye ini, kami ingin mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam kita," kata Joshi.

Suzuki juga berkomitmen dalam pendidikan teknis dengan memberikan donasi mesin dan peralatan manufaktur kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Lalu ada juga Suzuki Peduli Pendidikan, upaya untuk menghubungkan dunia pendidikan dengan industri otomotif.

"Kami percaya bahwa dengan memberikan dukungan kepada siswa SMK, kami ikut mempersiapkan generasi yang lebih siap menghadapi dunia kerja, terutama di industri otomotif," jelas Joshi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya