Mitsubishi Kasih Bocoran Mobil Hybrid Baru di Japan Mobility Show 2023

Logo Mitsubishi
Sumber :
  • Simonlucas

Tokyo, 26 Oktober 2023 – Pasar otomotif Indonesia saat ini diramaikan oleh kehadiran kendaraan berbasis elektrifikasi, baik Battery Electric Vehicle atau BEV maupun model yang menggunakan mesin hybrid.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Namun sampai saat ini, harga jual dari beberapa mobil hybrid masih berada di angka yang kurang terjangkau untuk masyarakat Indonesia. 

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengakui, bahwa harga mobil hybrid yang dijual di Indonesia masih mahal. Hal ini disebabkan oleh biaya produksi yang tinggi, terutama untuk baterai.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Sistem hybrid di mobil Mitsubishi Outlander PHEV

Photo :
  • Dok: Mitsubishi Motors

Dalam wawancara dengan media di sela-sela pameran Japan Mobility Show 2023 di Jepang, Executive Vice President MMC, Hiroshi Nagaoka mengatakan bahwa pihaknya sedang mempelajari cara untuk mengurangi biaya produksi mobil hybrid.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

"Mobil hybrid itu hampir sama dengan mobil ICE (Internal Combustion Engine), hanya ada penambahan investasi pada baterai. Artinya, menambah produksi dan menambah harga," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di Tokyo Big Sight.

Acara Mitsubishi Motors di Japan Mobility Show 2023

Photo :
  • Dok: Mitsubishi Motors

"Nah, Mitsubishi sendiri sedang mempelajari coba mengurangi produksi dari mobil ini supaya harganya bersaing. Kami masih mempelajari, jadi tunggu gebrakannya lagi," kata dia menambahkan.

Sementara itu, Executive Vice President MMC lainnya, Katsuo Nakamura menuturkan bahwa harga Outlander PHEV yang dipasarkan di Indonesia memang cukup tinggi.

Namun, mobil yang masuk ke dalam segmen SUV tersebut menawarkan sensasi berkendara hybrid yang berbeda dengan kendaraan lainnya.

Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV

Photo :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

"Outlander PHEV yang sudah ada di Indonesia harganya cukup tinggi. Cuma, memang memberikan sensasi berkendara hybrid yang berbeda dengan kendaraan-kendaraan lainnya," kata Nakamura.

"Banyak orang yang membeli, terutama di Jepang karena menawarkan banyak hal yang baik dibanding kompetitornya," imbuhnya.

VIVA Otomotif: Mitsubishi Outlander PHEV

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Nakamura-san juga menjelaskan, bahwa Outlander PHEV sebenarnya sangat populer di luar negeri. Namun, penjualannya di Indonesia sangat terbatas karena pajak impor yang tinggi.

"Outlander PHEV itu sebenarnya sangat populer di luar. Namun karena import duty sangat tinggi di Indonesia, jadi penjualannya memang sangat terbatas," tuturnya.

Sebagai informasi, MMC sedang mengkaji untuk menghadirkan mobil hybrid lain yang bisa dipasarkan dengan harga lebih terjangkau. Salah satu yang kerap disebut-sebut, yakni Mitsubishi Xpander Hybrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya