China Bikin Mobil Terbang yang Harganya Terjangkau

Mobil terbang XPeng Aeroht buatan China
Sumber :
  • Carnewschina

Beijing, 26 Oktober 2023 - XPeng Aeroht, anak perusahaan XPeng asal China yang bergerak di bidang mobilitas udara urban, meluncurkan dua prototipe mobil terbang baru belum lama ini.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Kedua prototipe tersebut memiliki desain yang sangat berbeda satu sama lain, menunjukkan pendekatan XPeng yang beragam untuk mengembangkan kendaraan terbang.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carnewschina, prototipe pertama yang diberi nama HT Aero X1 adalah mobil terbang dengan sayap lipat. Mobil ini memiliki desain yang ramping dan futuristik, dengan pintu gullwing yang terbuka untuk mengakses sayap.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

HT Aero X1 memiliki panjang 4,9 meter, lebar 2,0 meter, dan tinggi 1,8 meter. Mobil ini memiliki berat 1.600 kilogram dan dapat menampung hingga empat orang.

Mobil terbang XPeng Aeroht buatan China

Photo :
  • Carnewschina
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Prototipe kedua yang diberi nama HT Aero X2, adalah mobil terbang dengan rotor. Mobil ini memiliki desain yang lebih konvensional, dengan badan mobil yang ramping dan rotor yang dipasang di atap.

HT Aero X2 memiliki panjang 4,6 meter, lebar 1,9 meter, dan tinggi 1,7 meter. Mobil ini memiliki berat 1.200 kilogram dan dapat menampung hingga tiga orang.

Kedua prototipe ini masih dalam tahap pengembangan awal. Namun, perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk membuat mobil terbang yang terjangkau dan aman untuk digunakan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara kedua prototipe mobil terbang XPeng Aeroht:

1. Desain: HT Aero X1 memiliki desain yang ramping dan futuristik, sedangkan HT Aero X2 memiliki desain yang lebih konvensional.
2. Spesifikasi: HT Aero X1 memiliki sayap lipat, sedangkan HT Aero X2 memiliki rotor. HT Aero X1 juga lebih besar dan berat daripada HT Aero X2.
3. Kapasitas: HT Aero X1 dapat menampung hingga empat orang, sedangkan HT Aero X2 dapat menampung hingga tiga orang.

Sebagai informasi, pasar mobil terbang masih dalam tahap awal pengembangan. Namun, ada potensi besar untuk pertumbuhan di masa depan.

XPeng adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang berinvestasi dalam pengembangan mobil terbang. Perusahaan-perusahaan lain yang aktif di bidang ini termasuk Boeing, Hyundai, dan Airbus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya