3 Mobil Listrik China Raih Rating Keamanan Tertinggi Euro NCAP

Mobil listrik BYD Seal
Sumber :
  • Rushlane

Belgia, 31 Oktober 2023 – Produsen mobil listrik China semakin menggebrak pasar Eropa. Euro NCAP, lembaga pengujian keselamatan kendaraan terkemuka di Eropa, baru saja mengumumkan bahwa tiga mobil listrik China telah meraih rating keamanan tertinggi, yaitu 5 bintang, dalam pengujian yang paling ketat yang pernah dilakukan.

Pertama di Dunia, Toyota Kijang Innova Listrik Resmi Mengaspal di Bali

Tiga mobil listrik tersebut adalah BYD SEAL, XPENG P7, dan BYD DOLPHIN. BYD SEAL adalah sedan listrik mewah yang menargetkan pembeli Tesla. XPENG P7 adalah sedan listrik sporty dengan jarak tempuh yang jauh. Sedangkan BYD DOLPHIN adalah hatchback listrik dengan harga yang terjangkau.

Di pasar mobil Eropa yang sangat kompetitif, produsen mobil China ingin menunjukkan bahwa mobil mereka dapat bersaing dengan merek-merek yang sudah lebih mapan.

Padahal Barang Lama, Kok Mobil Listrik Ini Masih Dijual di Indonesia

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Rushlane, ketiga mobil listrik ini menunjukkan bahwa keselamatan adalah salah satu bidang di mana mereka bersaing, yang bermanfaat bagi pembeli mobil.

Ilustrasi gambar mobil listrik BYD Dolphin 2023

Photo :
  • Gizmochina
Hyundai Siap Sediakan Mobil Listrik untuk Pejabat Tinggi Indonesia

Ketiga mobil tersebut telah mencapai rating bintang tertinggi Euro NCAP, dengan sedikit perbedaan di antara mereka, terutama dalam hal perlindungan benturan untuk orang dewasa dan anak-anak. Semua model juga dilengkapi dengan berbagai teknologi keselamatan yang canggih, termasuk bantuan lajur dan kecepatan.

Cuaca Eropa pada tahun 2023 telah menjadi bukti nyata dari evolusi terbaru dari rating keamanan Euro NCAP, yang mencakup dua penilaian penting terkait dengan perubahan suhu dan pola cuaca akibat perubahan iklim.

Produsen mobil didorong untuk memasang deteksi keberadaan anak (CPD), sebuah sistem yang memberikan peringatan ketika mengenali bahwa seorang anak atau bayi telah ditinggalkan di dalam mobil. Sistem ini sangat penting di bulan-bulan musim panas yang terik ketika mobil dapat menjadi terlalu panas.

Euro NCAP adalah organisasi pertama di dunia yang mengembangkan persyaratan teknis untuk sistem deteksi keberadaan anak dan sekarang secara rutin mengevaluasi kinerja mereka.

Akibatnya, sistem CPD menjadi semakin umum, dan BYD SEAL dan DOLPHIN keduanya dilengkapi dengan sistem tersebut, sementara XPENG P7 saat ini tidak memiliki deteksi keberadaan anak.

Kondisi badai besar dan banjir bandang dapat menciptakan kondisi berkendara yang sangat berbahaya di jalan raya dan situasi menakutkan dari kendaraan yang tenggelam. Pembaruan rating Euro NCAP 2023 juga mencakup penilaian skenario ini.

Penilaian ini terdiri dari dua tes: tes pertama menilai pelepasan otomatis pintu mobil saat berada di bawah air dan tes lainnya melihat durasi jendela listrik tetap berfungsi setelah tenggelam.

Kedua BYD dan XPENG mendapat beberapa poin di bagian penilaian ini, sekali lagi menunjukkan bahwa Euro NCAP mempromosikan persaingan yang bermanfaat bagi publik pembeli mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya