Recall Mobil Honda Kembali Terjadi, 175 Ribu Unit Terdampak

Honda Civic
Sumber :
  • Dok: Honda

Amerika Serikat, 30 Oktober 2023Honda menarik kembali atau recall lebih dari 175.000 Honda Civic di Amerika Serikat dan Kanada, karena masalah kemudi yang dapat menyebabkan roda depan berputar terlalu banyak, yang dapat menyebabkan kerusakan.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Penarikan kembali ini mempengaruhi Civic 2023 tertentu yang dilengkapi dengan Sistem Bantuan Menjaga Lajur (LKAS). Pada kendaraan ini, sensor sudut kemudi mungkin mengalami malfungsi, menyebabkan sistem LKAS salah menafsirkan input kemudi.

Hal ini dapat menyebabkan roda depan berputar terlalu banyak, yang dapat menyebabkan kendaraan keluar jalur atau bahkan kehilangan kendali.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Masalah ini disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan rak kemudi. Rak kemudi adalah komponen yang menghubungkan roda kemudi ke sistem kemudi. Rak kemudi yang salah dipasang dapat menyebabkan sensor sudut kemudi salah menafsirkan input kemudi.

Honda Civic

Photo :
  • Dok: Honda
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Honda menyebut bahwa sampa saat ini tidak ada kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah tersebut.

Kendaraan yang terpengaruh akan diperbaiki secara gratis. Pemilik akan diberitahu melalui pos mulai November 2023.

Honda akan memperbaiki masalah ini dengan mengganti rak kemudi yang salah. Perbaikan akan dilakukan secara gratis di dealer Honda resmi.

Selain penarikan kembali Civic yang disebutkan di atas, Honda juga telah melakukan penarikan kembali untuk sejumlah kendaraan lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Berikut adalah beberapa contohnya:

Pada tahun 2022, Honda menarik kembali lebih dari 1,7 juta kendaraan di seluruh dunia karena masalah pada airbag. Masalah ini dapat menyebabkan airbag tidak mengembang dengan benar saat terjadi kecelakaan, yang dapat meningkatkan risiko cedera.

Pada tahun 2021, Honda menarik kembali lebih dari 1,2 juta kendaraan di Amerika Serikat karena masalah pada sabuk pengaman. Masalah ini dapat menyebabkan sabuk pengaman tidak berfungsi dengan benar saat terjadi kecelakaan, yang dapat meningkatkan risiko cedera.

Pada tahun 2020, Honda menarik kembali lebih dari 600.000 kendaraan di Amerika Serikat karena masalah pada mesin. Masalah ini dapat menyebabkan mesin berhenti secara tiba-tiba saat kendaraan sedang berjalan, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya