Toyota Siapkan Mobil SUV Penantang Jeep Wrangler Rubicon

VIVA Otomotif: Toyota Compact Cruiser
Sumber :
  • Dok: Toyota

Aichi, 7 November 2023Toyota baru-baru ini mendaftarkan merek dagang untuk Land Cruiser FJ, di Jepang. Hal ini menimbulkan spekulasi, bahwa perusahaan sedang mengembangkan mobil SUV off-road baru yang lebih kecil dan lebih terjangkau daripada Land Cruiser saat ini.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Merek dagang tersebut didaftarkan untuk kategori kendaraan bermotor, yang mencakup mobil penumpang, truk, dan kendaraan komersial.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Ini menunjukkan bahwa Toyota berencana untuk menjual Land Cruiser FJ di Jepang dan pasar ekspor lainnya.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Nama "FJ" mengacu pada FJ40, generasi pertama Land Cruiser yang diproduksi dari tahun 1960 hingga 1984. FJ40 dikenal dengan desainnya yang tangguh dan kemampuan off-road yang luar biasa.

VIVA Otomotif: Toyota Compact Cruiser

Photo :
  • Dok: Toyota
Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Jika Toyota benar-benar mengembangkan Land Cruiser FJ, kemungkinan akan menjadi pesaing langsung untuk Jeep Wrangler Rubicon dan Ford Bronco. Kedua SUV tersebut sangat populer di kalangan penggemar olahraga off-road, karena kemampuannya yang luar biasa di medan yang sulit.

Land Cruiser FJ kemungkinan akan menggunakan platform Toyota GA-F yang juga digunakan oleh Land Cruiser saat ini dan Lexus LX. Platform ini memberikan gabungan antara kekuatan dan kekakuan yang dibutuhkan untuk off-road.

Mesin yang digunakan untuk Land Cruiser FJ masih belum diketahui. Namun, kemungkinan besar akan menggunakan mesin hybrid 2,4 liter turbocharged yang juga digunakan oleh Land Cruiser saat ini.

Toyota belum mengonfirmasi atau menyangkal rumor tentang Land Cruiser FJ. Namun, merek dagang baru ini menunjukkan bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk memasuki segmen SUV off-road yang sedang berkembang.

Sebagai informasi, Toyota Land Cruiser generasi terbaru sudah resmi diluncurkan oleh Toyota beberapa waktu lalu. Kendaraan ini masih mengusung desain kotak, namun disesuaikan dengan selera konsumen saat ini.

All New Toyota Land Cruiser

Photo :
  • Dok: Toyota

Bukan hanya kemampuan melewati jalanan sulit yang ditingkatkan, namun sisi keamanan dan keselamatan juga ditambah lewat pemasangan teknologi Toyota Safety Sense generasi terbaru.

Mobil berbodi bongsor itu telah dipasarkan di banyak negara termasuk Indonesia, dengan harga Rp2 miliaran on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya