Mobil Ini Bisa Mundur 275 Km per Jam, Pecahkan Rekor Dunia

Rimac Nevera
Sumber :
  • Carscoops

Papenburg, 8 November 2023Rimac Nevera, mobil hypercar listrik asal Kroasia kembali memecahkan rekor dunia. Kali ini, Nevera memecahkan rekor dunia kecepatan mundur dengan kecepatan 275,74 kilometer per jam.

Ukur Diri Dulu Sebelum Kredit Pajero Sport, Segini Gaji yang Pantas

Rekor tersebut dicatatkan di fasilitas Automotive Testing Papenburg di Jerman, pada tanggal 2 November 2023 lalu.

Rekor tersebut diset oleh pembalap profesional Rimac, Miroslav Drndak. Ia mengatakan bahwa mengendarai Nevera mundur sangat berbeda dengan mengendarainya maju.

Praktik Jasa Pemalsuan Pelat Nomor Khusus 'ZZ' dan STNK Tarifnya Rp55-100 Juta

"Pada putaran itu, saya harus membiasakan diri. Saya melihat pemandangan yang berlalu semakin cepat dari belakang, merasakan leher saya tertarik ke depan hampir seperti sensasi yang biasanya saya dapatkan saat mengerem dengan keras," kata Drndak, dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops.

Mobil listrik Rimac Nevera

Photo :
  • Carscoops
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 3 Mei 2024

"Saya menggerakkan kemudi dengan sangat lembut, berhati-hati untuk tidak mengganggu keseimbangan, memperhatikan jalur dan titik pengereman saya dari kaca spion, sambil terus memperhatikan kecepatan,” tambahnya.

Dengan memecahkan rekor dunia kecepatan mundur, Rimac Nevera membuktikan bahwa mobil listrik tidak hanya mampu berlari kencang ke depan, tetapi juga ke belakang.

Sebagai informasi, Rimac Nevera pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021 dan mulai dikirimkan kepada para pelanggan pada tahun 2022.

Nevera ditenagai oleh empat motor listrik yang menghasilkan total tenaga 1.914 tenaga kuda dan torsi 3.200 Newton meter. Mobil ini mampu berakselerasi dari nol hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 1,85 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 412 km per jam.

Nevera memiliki desain yang futuristik dan aerodinamis. Mobil ini memiliki bodi yang terbuat dari serat karbon dan aluminium, sehingga bobotnya hanya 2.150 kilogram. Nevera juga memiliki sistem suspensi yang sangat canggih, sehingga mampu memberikan pengendalian yang luar biasa.

Nevera adalah salah satu hypercar listrik paling cepat dan paling canggih di dunia. Mobil ini membuktikan bahwa mobil listrik tidak hanya mampu berlari kencang, tetapi juga memiliki performa yang luar biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya