Honda Recall 2,6 Juta Unit Mobil di AS, Ada Accord dan Civic

Honda Civic
Sumber :
  • Dok: Honda

Amerika Serikat, 26 Desember 2023 - Honda Motor Company mengumumkan penarikan kembali alias recall 2,6 juta unit mobil di Amerika Serikat, karena pompa bahan bakar yang berpotensi mengalami kerusakan.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Pompa bahan bakar yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil mati secara tiba-tiba, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, recall ini mencakup berbagai model Honda dan Acura yang diproduksi antara tahun 2015 dan 2020. Model-model yang terkena dampak antara lain:

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Honda Accord
Honda Civic
Honda CR-V
Honda HR-V
Honda Odyssey
Honda Pilot
Acura ILX
Acura MDX
Acura RDX

Honda Accord Hybrid 2019

Photo :
  • Honda
BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Honda mengatakan bahwa masalah pompa bahan bakar dapat disebabkan oleh korosi pada bagian dalam pompa. Korosi ini dapat menyebabkan pompa tidak berfungsi dengan baik, sehingga mesin mobil dapat mati secara tiba-tiba.

Honda akan menghubungi pemilik mobil yang terkena dampak recall untuk mengatur jadwal perbaikan. Pemilik mobil akan mendapatkan pompa bahan bakar yang baru secara gratis.

Sebagai informasi, penarikan kembali ini juga terjadi di Jepang. Ada tiga masalah berbeda yang melibatkan puluhan model mobil Honda, mulai dari Honda CR-V, Honda Vezel alias HR-V, sampai dengan Honda Freed dan Honda Fit atau Jazz.

Kasus yang melibatkan model Honda CR-V yakni kabel yang digunakan di aki pada tipe hybrid akan tetap mengalirkan arus listrik saat terjadi kecelakaan. Efeknya bisa membuat mobil terbakar, namun sampai saat ini belum ada laporan dari kasus tersebut.

Jumlah mobil Honda CR-V yang terkena dampak yakni sekitar 20 ribuan unit, yang diproduksi dari Oktober 2018 sampai dengan Juli 2023. Masalah ketiga melibatkan lebih dari 500 ribu unit mobil Honda berbagai model, seperti Accord, Honda e, Odyssey, CR-V, HR-V, Freed, dan Fit atau Jazz.

Honda menemukan bahwa ada kesalahan saat proses pembuatan sistem pengereman yang menyebabkan tekanan pada pedal rem harus ditambah. Belum ada kasus kecelakaan yang dilaporkan akibat malfungsi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya