Bluebird Melaju ke IKN, Luncurkan Sistem Transportasi Listrik Rp250 Miliar

Bluebird.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Nusantara, 28 Desember 2023 – Sejalan dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai kota pintar berkelanjutan, Bluebird Group resmi meluncurkan sistem transportasi publik berbasis listrik dengan investasi sebesar Rp250 miliar.

UU DKJ Resmi Diteken Jokowi, Jakarta Masih Ibu Kota Negara

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Otorita Ibu Kota Nusantara, peluncuran yang berlangsung pada Groundbreaking Tahap 3 IKN ini mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Investasi Bluebird Group mencakup pengadaan armada bus perkotaan listrik, taksi listrik, dan kendaraan rental listrik. Tak hanya armada, infrastruktur pendukung berupa charging point dan depo pun turut dibangun, semuanya terintegrasi dengan teknologi cerdas IKN.

Daftar Mobil Baru yang Cicilannya di Bawah Upah Minimum

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, menyatakan komitmen perusahaan terhadap visi pemerintah RI membangun IKN yang ramah lingkungan.

Bluebird siap hadir di IKN

Photo :
  • Dok: Bluebird
Jokowi Teken UU Daerah Khusus Jakarta

"Bluebird memiliki konsep Keberlanjutan 50:30, yaitu upaya pengurangan 50 persen emisi karbon hingga 2030. Investasi ini sejalan dengan langkah tersebut," ujarnya.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menyambut gembira langkah Bluebird Group dan menyatakan bahwa sistem ini akan mendukung konektivitas IKN dengan Balikpapan dan kota-kota sekitarnya.

"Kontribusi ini sejalan dengan KPI transportasi IKN, di mana 80 persen moda pergerakan harus berbasis listrik," ungkapnya.

Presiden Jokowi pun turut mengapresiasi komitmen Bluebird Group.

"Konsep IKN sejak awal mengusung kawasan, lingkungan, gedung, transportasi, dan energi serba hijau. Apresiasi tinggi saya untuk Bluebird yang mendukung inisiatif kota hijau ini," tutur Jokowi.

Bluebird Group tak hanya berinvestasi, tetapi juga turut mengembangkan layanan penunjang seperti halte, transfer point, dan area park and ride. Langkah ini menunjukkan keseriusan perusahaan dalam membangun masa depan mobilitas berkelanjutan di IKN.

Peluncuran sistem transportasi publik berbasis listrik ini menjadi langkah maju dalam pembangunan IKN. Selain mengurangi emisi karbon, sistem ini juga diyakini akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan transportasi bagi masyarakat IKN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya