Banyak yang Liburan Naik Mobil saat Nataru Tahun Ini

Kepadatan arus kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023 di Tol Cipali
Sumber :
  • Antara

Jakarta, 27 Desember 2023 – Libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023/2024 turut mendongkrak mobilitas masyarakat. Tercatat ada sekitar 2,7 juta unit kendaraan melintasi tiga ruas tol milik Astra Infra, yakni Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto, selama periode 18-26 Desember 2023.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Angka ini menunjukkan peningkatan volume kendaraan sebesar 7 persen, dibandingkan periode Natal tahun sebelumnya.

Tol Tangerang-Merak tercatat sebagai yang paling ramai, dengan total 1.526.678 kendaraan melintas atau naik 2,2 persen dari Nataru 2022.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Pada 26 Desember kemarin, kepadatan kendaraan terpantau di Gerbang Tol Cikupa arah Jakarta. Astra Infra mengatasinya dengan penambahan gardu tandem, petugas, dan pengaturan lalu lintas.

Kenaikan volume kendaraan juga terjadi di Tol Cikopo-Palimanan sebesar 15 persen, dibanding periode sama tahun lalu.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Meskipun pada 26 Desember 2023 jumlah kendaraan harian menurun 24% dibanding hari sebelumnya, arus balik ke Jakarta justru meningkat 32 persen. Kondisi lalu lintas di ruas tol ini terpantau stabil.

Sementara itu, Tol Jombang-Mojokerto mengalami kenaikan volume kendaraan sebesar 5 persen dibandingkan Nataru 2022, dengan total 415.222 kendaraan melintas. Pada 26 Desember 2023, jumlah kendaraan yang melintas menurun 4,83 persen dibanding hari sebelumnya.

Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan selama Nataru, Astra Infra melalui kampanye Nataru Ceria berkoordinasi dengan instansi terkait, menyiagakan petugas dan layanan rest area, serta menginformasikan kondisi lalu lintas terkini secara rutin.

“Kami mengimbau pengguna jalan agar dapat cerdas dalam melakukan rencana perjalanan liburan, seperti mempersiapkan kondisi kendaraan dan kondisi kesehatan tubuh, menjaga batas kecepatan dan jarak aman, mempersiapkan saldo e-toll, serta mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan,” ujar Ketua Gugus Tugas Nataru Astra Infra 2023, Rinaldi, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya