Tesla Recalls 1,6 Juta Mobil di China

VIVA Otomotif: Mobil listrik Tesla
Sumber :
  • Cleanmycar

Beijing, 6 Januari 2024 - Tesla telah mengumumkan recall terhadap 1,6 juta mobil di China. Penarikan kembali ini dilakukan karena dua masalah terkait perangkat lunak, yang dapat menyebabkan pintu tidak dapat dibuka setelah tabrakan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Masalah pertama mempengaruhi 7.538 mobil, termasuk Model S dan Model X impor. Menurut regulator, ada masalah dengan logika buka pintu.

Jika terjadi tabrakan, kunci pintu sisi non-tabrakan dapat terlepas dari kunci, meninggalkan pintu terbuka dan menimbulkan bahaya keselamatan.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops. Tesla akan menggunakan pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) untuk mencegah kunci pintu dan kunci terlepas selama tabrakan kendaraan. Pemilik dapat menyelesaikan pembaruan perangkat lunak tanpa harus pergi ke diler.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Tesla

Photo :
  • Teslarati
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Masalah kedua mempengaruhi 1.610.105 mobil, termasuk Model Y dan Model 3 buatan dalam negeri, serta Model 3, Model S, dan Model X impor.

Menurut regulator, saat fungsi kemudi otomatis dihidupkan pengemudi dapat menyalahgunakan fungsi otonom level 2, meningkatkan risiko kecelakaan kendaraan dan menimbulkan risiko keselamatan.

Tesla akan menggunakan pembaruan perangkat lunak OTA untuk meningkatkan peringatan keselamatan untuk fungsi kemudi asisten otomatis.

Pemilik juga akan menerima peringatan di layar infotainment mereka untuk mengingatkan mereka untuk tetap fokus saat menggunakan fungsi tersebut.

Recall ini adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah Tesla di China. Perusahaan ini telah menghadapi beberapa masalah keselamatan di masa lalu, termasuk recall terhadap lebih dari 300.000 mobil di Amerika Serikat pada tahun 2018 karena masalah pengereman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya