Jadi Perusahaan Ramah Lingkungan, Ini yang Diperoleh Suzuki Indonesia

VIVA Otomotif: Booth Suzuki di GIIAS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 26 Januari 2024 – Suzuki Indonesia terus menegaskan komitmennya, untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan. Misi ini sejalan dengan dinamika masyarakat Indonesia, yang semakin menyadari pentingnya penggunaan kendaraan rendah emisi.

Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Suzuki Indonesia menghadirkan berbagai pilihan kendaraan baik mobil, motor, hingga mesin tempel alias outboard-motor yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan juga perkembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu upaya perusahaan asal Jepang itu adalah dengan memproduksi kendaraan roda empat berteknologi SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, yang diklaim mampu mengurangi emisi gas buang hingga 20 persen.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Selain itu, Suzuki juga memproduksi sepeda motor berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 15 persen.

Untuk mesin tempel kapal, pabrikan otomotif berlogo S itu memproduksi mesin empat langkah yang mampu mengurangi emisi hingga 50 persen, jika dibandingkan dengan mesin dua tak.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Selain menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan, Suzuki juga meningkatkan layanan purna jual yang mencakup penyediaan servis dan pengadaan suku cadang di bengkel resmi.

Perusahaan juga mendirikan Depo Surabaya, yaitu gudang dan pusat pengiriman suku cadang orisinal yang jangkauannya berfokus melayani wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia bagian timur lainnya.

Upaya untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan telah memberikan dampak positif. Hal ini terlihat dari penjualan ritel kendaraan hybrid Suzuki, yang menguasai 36 persen pada segmen kendaraan penumpang.

Selain itu, sepanjang tahun 2023 terdapat pergeseran minat pelanggan Suzuki yang semakin memilih sepeda motor yang praktis dan mudah digunakan serta bermesin efisien.

Department Head Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales, Joshi Prasetya mengatakan bahwa berbagai inisiatif yang dilakukn merupakan upaya untuk mengimbangi kontribusi mereka sebagai perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

“Harapannya, berbagai upaya yang kami lakukan ini dapat membawa dampak positif di industri otomotif dalam maupun luar negeri,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya