Bukan Toyota, Ini Mobil Terlaris di Dunia Tahun 2023

Momen Tesla model Y dikirim ke Jepang
Sumber :
  • Tesla

Uxbridge, 27 Januari 2024 – Tesla berada di jalur yang tepat untuk meraih mahkota mobil terlaris di dunia pada tahun 2023, dengan Model Y mengamankan posisi teratas di sebagian besar pasar global.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Meskipun baru didirikan pada tahun 2003, pabrikan mobil listrik alias electric vehicle (EV) tersebut telah memicu perubahan besar dalam lanskap otomotif, menciptakan model listrik yang telah melampaui para pesaingnya dan memecahkan rekor menjadi EV pertama yang memimpin pasar global.

Data awal yang dikumpulkan oleh JATO Dynamics, menunjukkan bahwa Model Y berada dalam posisi kuat, dengan 1,23 juta unit terjual antara Januari dan Desember 2023 - menandai peningkatan 64 persen dari tahun ke tahun.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

“Peningkatan penjualan global Model Y belum pernah terjadi sebelumnya, terutama untuk kendaraan dalam sepuluh besar terlaris. Apa yang telah dicapai Tesla dengan Model Y dalam waktu yang singkat sungguh luar biasa,” ujar Analis Global di JATO Dynamics, Felipe Munoz, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Tesla Model Y.

Photo :
  • USA Today
Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Model Y memimpin penjualan di Eropa dan China, dua pasar EV terbesar di dunia. Menurut data dari Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM), lebih dari 456.000 unit dikirimkan ke China pada tahun 2023 - menandai peningkatan 45 persen dari 2022.

Di Eropa, pendaftaran Model Y melonjak di atas performa tinggi yang konsisten seperti Dacia Sandero, Peugeot 208, dan Volkswagen T-Roc. Data dari 30 pasar menunjukkan bahwa lebih dari 255.000 unit Model Y terdaftar - ini 19.000 unit lebih banyak dari kendaraan terpopuler kedua, Dacia Sandero.

“Harga rata-rata retail Tesla Model Y pada November 2023 adalah 18 persen dan 23 persen lebih rendah dari biaya rata-rata EV di Jerman dan Amerika Serikat masing-masing. Pemotongan harga sepanjang tahun dikombinasikan dengan reputasi Tesla sebagai produsen EV yang andal dan kompetitif, membantu mendorong permintaan yang sudah tinggi,” tuturnya.

Data pengiriman resmi dari Tesla juga menunjukkan, bahwa Model Y menyumbang dua dari tiga pengiriman oleh OEM pada tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya