Harga Hyundai Kona Electric Bakal Saingi Mobil Listrik China

Kona Electric
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, 24 Maret 2024 – Pada ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 Februari lalu, Hyundai Motors Indonesia (HMID) turut memajang Kona Electric. Mobil ini dipersiapkan untuk memperluas segmen pasar mobil listrik di Indonesia.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer (COO) PT HMID menyampaikan Kona Electric akan segera meluncur secara resmi untuk pasar Tanah Air. Namun, belum diketahui secara pasti tanggal dari perilisan mobil listrik ini.

"Kona EV bakal kita luncurkan. Tidak lama lagi. Sejak IIMS kemarin, kita masih melakukan survei ke konsumen berapa harga yang pantas," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di Jakarta.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Frans menjelaskan survei ini dilakukan supaya Kona Electric punya harga kompetitif untuk bisa bersaing dengan merek-merek dari China, yang telah meluncurkan mobil listrik di segmen yang sama untuk pasar Tanah Air.

Hyundai Kona Electric di IIMS 2024

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

"Kebetulan kan sudah ada beberapa produsen kendaraan dari China yang sudah melakukan pengumuman harga (mobil listrik). Jadi, kami masih mempertimbangkan harganya," jelasnya.

Lebih lanjut, Frans mengungkapkan pihaknya tidak ingin mengobral janji terkait dengan pengiriman kendaraan saat memamerkan mobil ini di ajang IIMS 2024 lalu.

"Kita tidak mau terlalu banyak janji mengenai delivery dan sebagainya karena takut nanti pada saat melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), ternyata mobil nya belum bisa kita kirimkan," ungkap Frans.

Kendati demikian, Frans mengatakan bila pihaknya sudah membuka sistem Pre-booking Kona Electric saat IIMS 2024. Namun, ia belum ingin membocorkan angkanya.

"Sudah ada yang Pre-booking tapi kita tidak bisa ungkap jumlah pemesanannya. Ditunggu saja saat peluncuran resminya nanti ya," kata Frans.

Sebagai informasi tambahan, Kona Electric disematkan baterai 64,8 KwH, dengan klaim jarak tempuh 420 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Kona Electric memiliki dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.825 mmm, tinggi 1.575 mm dan wheelbase 2.660 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya