Ingin Rental Mobil untuk Mudik Lebaran? Siapkan Hal Penting Ini

Ilustrasi rental mobil
Sumber :
  • Google

Jakarta – Memasuki musim mudik Lebaran, banyak masyarakat memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Tidak hanya menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, tapi ternyata ada sebagian masyarakat yang memakai jasa rental mobil.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin menggunakan kendaraan sewaan untuk perjalanan mudik Lebaran.

Pemilik rental mobil Mr.Trans Tour & Rent Car mengatakan sebelum ingin menyewa unit kendaraan, pastikan untuk memahami kebutuhan terlebih dahulu.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Terpenting sebenarnya harus tahu kebutuhan terlebih dahulu, apakah butuh untuk menampung banyak keluarga atau memang untuk keluarga kecil saja. Soalnya kan di sini ada mobil berukuran kecil dan besar," ujarnya saat dikontak oleh VIVA Otomotif, beberapa waktu lalu.

VIVA Otomotif: Ilustrasi sewa atau rental mobil.

Photo :
  • NBCNews
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Yahya juga menyampaikan bila ingin menyewa kendaraan lepas kunci untuk mudik Lebaran, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan seperti KTP, SIM, dan NPWP.

"Di tempat rental saya, paling siapkan tiga dokumen utama seperti KTP, SIM, dan juga NPWP," ungkapnya.

Tak hanya itu, Yahya juga membutuhkan peminjam kendaraan untuk berfoto selfie di depan rumah.

"Kalau dokumen keseluruhan sudah disinkronkan, pihak kami akan meminta pengguna jasa untuk berbagi lokasi rumah dan berfoto selfie di depan rumah," katanya.

Menurutnya, hal ini dibutuhkan untuk memastikan kebenaran identitas dari pengguna jasa usahanya.

Sementara untuk penyedia layanan jasa rental kendaraan, Global Mobil membutuhkan jaminan berupa barang ataupun deposit uang.

Fiqri selaku tim marketing dari Global Mobil mengungkapkan bahwa syarat ini telah menjadi ketentuan perusahaan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Kalau di tempat kami, setidaknya butuh dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, dan jaminan berupa motor atau barang lainnya bisa juga berupa deposit uang," jelas Fiqri. 

Tidak hanya itu, Fiqri juga akan melakukan survey ke rumah pengguna jasa usahanya.

"Biasanya, kita juga survey rumah juga. Kita datang ke rumahnya hanya untuk memastikan saja kalau identitas nya benar," tuturnya, saat dihubungi VIVA Otomotif beberapa waktu lalu.

Syarat dan ketentuan rental mobil sangat penting untuk dipahami sebelum memutuskan untuk menyewa mobil. Memahami dan menyetujui aturan tersebut bisa menghindari masalah dan memastikan pengalaman mudik Lebaran yang lancar dan aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya