Harga Hyundai Kona Electric Diumumkan Pekan Ini, Siap Jegal Mobil China

Hyundai Kona Electric di IIMS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) akan mengumumkan harga All New Kona Electric di pekan ini, tepatnya dengan memanfaatkan pameran khusus mereka di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Mobil SUV Chery Paling Mewah Siap Masuk Indonesia Bulan Depan

Hyundai Kona Electric generasi terbaru pertama kali dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show, atau IIMS 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Februari.

Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, setelah melalui beberapa tahapan studi sejak ajang IIMS, perusahaan sudah siap meluncurkan All New Kona Electrik, dan Palisade XRT.

Kendaraan Listrik Bukan Satu-satunya Alat Memerangi Emisi Karbon

“Kami sudah menentukan harga jual, dan rencanan waktu pengiriman yang pasti untuk Palisade XRT, dan All New Kona Electric,” ujar Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto kepada Viva Otomotif, Kamis 23 Mei 2024.

Namun sebelum resmi diumumkan bulan ini, NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Kona Electric sudah didaftarkan di Samsat DKI Jakarta. Berdasarkan data yang tercantum SUV kompak itu hadir dalam 4 varian.

Berburu Diskon Mobil Listrik Menarik di Jakarta Fair 2024

Kode yang tercantum diberi nama NEWKONA EV4X2AT. Harga dasar termurahnya mulai dari Rp421 juta untuk tipe Prime, Rp436 juta tipe Signature, lalu Rp455 juta tipe PrimeXN, dan Rp470 juta tipr SignatureXN.

Tentu nilai dasar tersebut belum termasuk perhitungan pajak, biaya administrasi, hingga keuntungan perusahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan harga resmi Kona Electric bisa berada di angka Rp500 jutaan.

Secara kasta di bawah Ioniq 5, dan bisa bersaing dengan mobil SUV buatan brand China, seperti halnya Chery Omoda E5 yang saat ini dilego Rp498,800 juta, lalu BYD Atto 3 seharga Rp515 juta on the road.

“Rencanan kami akan menginformasikan harga Palisade XRT, dan All New Kona Electric bersamaan dengan Aloha Mid Year Event yang akan diselenggarakan 23-26 Mei 2024 di Aloha Pantai Indah Kapuk,” sambung Suryo sapaan akrabnya.

Wajar jika SUV kompak pelahap seterum itu lebih murah dari Ioniq 5, selain secara spesifikasi berbeda, namun Kona Electric akan menjadi produk pertama yang menggunakan baterai dalam negeri olahan pabrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat.

Menurut beberapa sumber tipe Prime dan Signature kategori Standard Range dibekali baterai lithium-ion 48,4 kWh dengan jarak tempuh 376 km, sedangkan kategori Long Range baterainya 65,4 kWh yang bisa berjalan 453-513 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya